HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

DPD SPRI Sumut Apresiasi Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Kawasan Danau Toba

Ketua DPD Serikat Pers Republik Indonesia [SPRI] Sumut, Devis Karmoy, M.Ikom. Foto (istimewa)

MEDAN :  Dewan Pimpinan Daerah Serikat Pers Republik Indonesia [DPD SPRI] Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan Menteri Kabinet Kerja terkait ke beberapa kabupaten yang ada di kawasan Danau Toba pada Senin 29 Juli 2019.

Dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke beberapa daerah kawasan Danau Toba tersebut, kata Ketua DPD SPRI Sumatera Utara Devis Karmoy, M.IKom, menunjukkan keseriusan Presiden Joko Widodo untuk membangun kawasan yang berada di Kaldera Toba, khususnya kabupaten yang mengapit Danau Toba.

"Kehadiran Kepala Negara di kawasan Kaldera Toba dan telah berkunjung ke beberapa Geosite yang terbentuk dari letusan gunung Toba ini menunjukan bahwa RI 1 serius dan akan mewujudkan kawasan Kaldera Toba sebagai destinasi global," ujar Devis Karmoy, M.IKom di Medan, Selasa (30/7/2019).

Lebih lanjut Devis mengatakan, kehadiran Presiden Joko Widodo ke kawasan Danau Toba memberi sinyal positif serta membawa angin segar dan dapat diyakini bahwa Kaldera Toba bakal lolos masuk sebagai Geopark Dunia yang telah dilakukan Unesco melalui Tim Assesor Unesco beberapa waktu lalu.

"Saya optimis Kaldera Toba akan masuk menjadi kawasan Georpark Dunia yang bakal ditetapkan Unesco pada September 2019 yang akan datang. Sebab, sebagai kepala negara, presiden sudah mendapatkan jawaban positif dari Unesco. Itu analisis saya,” kata Devis Karmoy.

Danau Toba. Foto (istimewa)


GM BPGKT Dukung Kemah Pers Indonesia

Sebelumnya General Manager Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba [GM BPGKT], Dr Hj Wan Hidayati M Si beberapa waktu lalu mengatakan telah menyiapkan berbagai kebutuhan yang menjadi indikator penilaian Tim Assesor Unesco terhadap Kaldera Toba untuk menyiapkan masuknya Kaldera Toba sebagai Geopark Dunia.

Hal itu disampaikan Wan Hidayati yang turut hadir dalam acara Halal Bi Halal bersama jajaran Pengurus DPD SPRI Sumut pada 2 Juli 2019 lalu, sekaligus menerima gagasan pelaksanaan Kemah Pers Indonesia [KPI] yang akan created DPD SPRI Sumut di kawasan Kaldera pada akhir Oktober 2019 mendatang.

"Dengan segala macam strategi, saya bawa ke tempat yang sudah kita tata, artinya tim Unesco pada saat berkunjung kita bawa masuk dan perlihatkan, ini loh tempat yang dijadikan geosite, yang kriterianya ada kamar mandi, penunjuk arah, gapura kemudian ada edukasi dan panel, kami tunjukkan tempat itu dan sudah bagus," ungkap Hidayati.

Untuk diketahui, DPD SPRI Sumut tengah menggagas pelaksanaan Kemah Pers Indonesia di kawasan Kaldera Toba. Event yang digagas DPD SPRI Sumut ini nantinya akan melibatkan ratusan wartawan dan pemimpin media dari seluruh Indonesia. Event ini dilakukan sebagai bentuk dukungan SPRI terhadap pesona alam Kaldera Toba kepada dunia. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *