HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Masyarakat Diajak Lestarikan Budaya Etnik Lewat Busana

Fashion Show Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara tahun 2019 di Lapangan Merdeka Medan. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

MEDAN : Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara [Sekdaprovsu] Hj Sabrina mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya etnik lewat busana.

Karena saat ini pakaian tidak hanya digunakan sekadar kebutuhan pokok, tapi juga memiliki nilai tambah sebagai alat untuk melestarikan budaya bangsa.

Hal itu disampaikan Sekdaprovsu, Hj Sabrina saat melihat Fashion Show Pekan Inovasi dan Investasi Sumatera Utara [PIISU] 2019 yang digelar di Lapangan Merdeka Medan pada Jumat 26 Juli 2019.

"Saat ini busana-busana etnik Sumut banyak yang telah dimodifikasi menjadi busana yang menarik dan fashionable, yang menggambarkan keragaman etnik di Sumut, karena melihat desainnya yang bagus banyak generasi muda membelinya, sehingga baju bisa menjadi alat melestarikan budaya," ujar Sabrina.

Selain itu, kata Sabrina, saat ini juga terjadi perubahan trend fashion. Jika dahulu ulos atau pun songket hanya digunakan pada upacara adat atau acara tertentu saja, tapi sekarang telah dimodifikasi menjadi produk etnik yang fashionable dan juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan.

Karena itu, Sabrina juga mendukung agar produk kerajinan tangan dari Sumut sering ditampilkan pada event-event berskala nasional.

"Misalnya Ulos Bintang Maratur dari Tapanuli Utara yang meraih predikat Best of The Best pada pameran Inacraft 2019 lalu. Ini contoh produk kerajinan Sumut yang sudah mendapat apresiasi pada salah satu pameran berskala nasional," katanya.

Wakil Ketua Dekranasda Sumut, Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah mengapresiasi fashion show busana etnik yang menampilkan pakaian etnik dari beragam daerah di Sumut.

"Ini merupakan salah satu cara mendukung para perajin, penjahit serta perancang busana etnik untuk mencintai produk lokal seperti ulos dan songket," ujar Ayu. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *