HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Wagub Sumut Bahas Relokasi Koban Sinabung dan Penanganan Banjir Kota Medan dengan Kepala BNPB

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah bertemu dengan Kepala BNPB Doni Monardo, di Kantor BNPB Jakarta. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

JAKARTA : Relokasi tahap III pembangunan rumah pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung di Siosar, Kabupaten Karo, Sumatera Utara sebanyak 892 unit rencananya akan mulai dibangun pada Agustus 2019 yang pembangunannya menggunakan dana hibah dari BNPB sebesar Rp161 miliar.

Demikian terungkap dalam pertemuan silaturahmi Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana [BNPB], Doni Monardo, di Kantor BNPB Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Peletakan batu pertama relokasi tahap III tersebut rencananya akan dilaksanakan pada 4 Agustus 2019.

"Untuk itu kami mengundang Bapak Kepala BNPB untuk hadir sekaligus melakukan peletakan batu pertama. Merupakan kehormatan bagi kami jika bapak berkenan hadir dalam acara tersebut,” ujar Musa Rajekshah.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas tentang percepatan pencairan dana hibah BNPB/Kemenkeu yang sudah direkomendasikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, dan sudah diverifikasi BNPB sejak tahun lalu. Khususnya untuk pengendalian banjir rob dan sungai-sungai yang melintas di Kota Medan.

"Diharapkan, dana tersebut dapat segera dicairkan, sehingga penanganan banjir di Kota Medan dan sekitarnya dapat segera dilakukan," kata Musa Rajekshah.

Sebagaimana diketahui bahwa Provinsi Sumut merupakan salah satu daerah yang rawan bencana, terutama bencana banjir dan longsor. "Karena itu, kebutuhan logistik dan peralatan bencana sangat dibutuhkan keberadaannya,” ujar Musa Rajekshah didampingi Kepala BPBD Sumut, Riadil Akhir Lubis.

Selain itu, percepatan pembangunan Gudang Logistik Regional Sumatera di atas lahan seluas 3-5 hektare oleh BNPB di sekitar Bandara Kualanamu, juga menjadi pembahasan. Diharapkan pembangunannya dapat terealisasi sehingga dapat segera dimanfaatkan.

Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan, para prinsipnya BNPB mendukung setiap upaya percepatan penanggulangan bencana, termasuk di Sumut. Karena penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan cepat dan tepat, serta efektif dan efisien merupakan tugas dari BNPB. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *