HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Sumut Buka Peluang Kepada Negara Asing untuk Berinvestasi

Sekdaprovsu Sabrina saat menerima kunjungan perwakilan Kedutaan Jerman. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

MEDAN : Provinsi Sumatera Utara sangat berpotensi bagi negara lain untuk berinvestasi di daerah ini.

Demikian disampaikan Sekdaprovsu, Sabrina saat menerima kunjungan Dirjen Ekonomi dan Global Isu Kedutaan Besar Jerman, Hendrik Barkeling beserta Konsul Kehormatan Jerman di Medan Darmadi Liliek di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (15/8/2019).

Dikatakan Sabrina, Provinsi Sumatera Utara memiliki luas wilayah dengan ukuran lebih dari setengah pulau Jawa. Punya banyak potensi sumber daya alam [SDA], mulai dari kawasan pantai hingga pegunungan, kawasan perkebunan hingga hutan, kawasan perindustrian sampai lokasi pariwisata yang eksotis.

"Intinya kami membuka peluang kepada negara asing untuk berinvestasi di sini. Untuk industri saja, kita punya KEK Sei Mangkei yang khusus untuk produksi kelapa sawit dan turunannya,” sebut Sabrina.

Untuk keberadaannya sendiri, mendukung investasi karena mudahnya perizinan tanpa harus ke Jakarta. Bahkan di Pemprov Sumut tengah disiapkan sistem yang lebih meringankan, yakni menggunakan barcode [elektronik].

Sehingga nantinya jika kepala dinas atau pejabat terkait tidak berada di tempat, proses tetap bisa berjalan.

"Kami punya banyak hasil alam. Tetapi produksinya yang perlu dikembangkan. Makanya kami banyak mengirimkan anak-anak muda untuk belajar ke luar negeri sambil bekerja. Setelah dua tahun, mereka kembali ke sini, untuk mengabdi di sini setelah mendapat pendidikan di luar,” jelas Sabrina.

Untuk itu, Sekda berharap pihak Kedutaan Jerman bisa menyampaikan potensi tersebut. Agar investasi yang lebih banyak mengarah ke Pulau Jawa, bisa dialihkan ke Sumut.

Menanggapi itu, Dirjen Ekonomi dan Global Isu Kedutaan Besar Jerman Hendrik Barkeling menyampaikan terima kasih atas penerimaan Pemprov Sumut kepada investor asing, khususnya negara mereka. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *