HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengungsi Wamena Asal Sumut kembali ke Wamena

Kepala BPBD Sumut H Riadil Akhir Lubis (kanan pakai topi) mengkoordinir pengungsi Wamena asal Sumut yang ingin kembali ke Wamena. Foto (istimewa)


Redaksimedan.com : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara [Pemprov Sumut] memulangkan pengungsi Wamena asal Sumatera Utara yang saat ini berada di daerah lain di Jayapura untuk kembali ke Wamena.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Provinsi Sumatera Utara, H Riadil Akhir Lubis mengatakan, pemulangan itu dilakukan hari ini melalui Bandara Sentani dengan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

"Hari ini yang dipulangkan kembali ke Wamena sebanyak 44 orang pengungsi Wamena asal Sumatera Utara. Pemulangan tersebut bersamaan dengan pengungsi Wamena asal provinsi lainnya," kata Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara, H Riadil Akhir Lubis saat dihubungi, Kamis (10/10/2019)

Dalam pemulangan tersebut, kata Riadil yang saat ini berada di Jayapura, Provinsi Papua, Pemprov Sumut berkoordinasi dengan TNI AU.

Keberadaan Kepala BPBD Provinsi Sumut, H Riadil Akhir Lubis di Jayapura, Provinsi Papua untuk mengkoordinir pengungsi Wamena asal Sumatera Utara yang ingin kembali ke Sumatera Utara maupun yang ingin kembali ke Wamena, karena kebanyakan posko pengungsi itu berada di Jayapura.

Pemulangan pengungsi Wamena asal Sumatera Utara yang ingin kembali ke Wamena itu dilakukan secara bertahap, papar Riadil, untuk hari ini yang dipulangkan ke Wamena sebanyak 44 orang, sisanya akan dipulangkan ke Wamena menunggu jadwal pesawat Hercules.

"Ada ratusan pengungsi Wamena asal Sumut yang ingin kembali ke Wamena. Mereka akan dipulangkan ke Wamena, namun pemulangannya dilakukan secara bertahap, karena ada juga yang dari provinsi lain akan kembali ke Wamena secara bersamaan," ujar Riadil.

Sementara untuk besok, ungkap Riadil, pihaknya akan memfasilitasi sebanyak 250 orang pengungsi Wamena asal Provinsi Sumatera Utara yang ingin kembali ke Sumatera Utara.

Pemulangan tersebut, kata Riadil, dilakukan via laut menggunakan kapal laut menuju Pelabuhan Belawan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan PT Pelni dan pihak syahbandar terkait rencana pemulangan pengungsi Wamena asal Sumut ke Provinsi Sumatera Utara besok dari Pelabuhan Jayapura," kata Riadil Akhir Lubis. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *