HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Wakil Gubernur Sumut Resmikan Peluncuran E-Paspor di Sumut

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah meresmikan peluncuran E-Paspor di Sumatera Utara. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan.com : Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah meresmikan peluncuran Paspor Elektronik [e-Paspor] di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (30/10/2019).

Ini merupakan peluncuran perdana e-Paspor di Sumatera Utara yang bertujuan untuk mempermudah dan memperlancar masalah keimigrasian.

Peluncuran e-Paspor ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah bersama Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah, Kakanwil Kemenkumham Sumut Sutrisman dan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto.

E-Paspor merupakan paspor yang memiliki teknologi chip untuk menyimpan data biometric penggunanya, yaitu wajah dan sidik jari. E-Paspor juga memiliki data penerbit paspor tersebut sehingga mudah dilacak.

Ini mempermudah keimigrasian untuk mengidentifikasi pemilik paspor dan mempercepat proses keimigrasian karena terintegrasi dengan auto gate di tempat pengecekan paspor seperti bandara, pelabuhan, kereta api dan lainnya.

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah, mengapresiasi upaya Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanannya kepada publik dengan meluncurkan e-apaspor.

Menurutnya, ini perlu dicontoh instansi lain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan juga wisatawan.

"Ini perlu kita apresiasi, khususnya Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan ini. Dengan e-Paspor masyarakat Sumut akan lebih mudah ke luar negeri. Begitu juga dengan turis-turis yang masuk ke daerah kita, dengan teknologi e-Paspor akan lebih cepat, mudah dan lebih lancar. Mudah-mudahan ini bisa ditiru instansi lainnya demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Musa Rajekshah.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Agato menyampaikan, peluncuran e-Paspor antara lain untuk mempermudah layanan keimigrasian dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat.

"Dengan e-Paspor yang memiliki chip dan antena, pemegangnya bisa melewati pemeriksaan paspor melalui auto gate. Jadi, ini akan mengurangi antrean pengecekan paspor di bandara-bandara, pelabuhan atau tempat lainnya. Ini juga akan meminimalisir paspor palsu,” kata Agato. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *