HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Gerakan Pilah Sampah dari Rumah Diluncurkan

Sekda Provinsi Sumut, Hj Sabrina pada acara peluncuran Gerakan Pilah Sampah dari Rumah. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan.com : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara meluncurkan Gerakan Pilah Sampah dari Rumah yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Peluncuran Gerakan Pilah Sampah dari Rumah itu digelar di Taman Cadika Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Selasa (26/11/2019).

Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Sabrina menyampaikan, sampai saat ini, Sumut menghasilkan timbunan sampah sekitar 10.091 ton/hari atau 3.683.135 ton/tahun, namun yang terkelola baru hanya 11 persen.

"Hanya 11 persen sampah kita yang terkelola, masalah utama pengelolaan sampah ini adalah perilaku dan peran serta masyarakat yang masih rendah, sehingga terus memproduksi sampah dalam jumlah besar," kata Sabrina saat membuka kegiatan tersebut.

Masalah sampah ini terjadi di seluruh Indonesia, karena itu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan meluncurkan program Gerakan Nasional Pilah Sampah dari Rumah.

Tujuannya agar mempermudah proses pengumpulan dan pengangkutan ke tempat pengelolaan sampah dan pemrosesan akhir.

Menurut Sabrina, gerakan pemilahan sampah dari rumah penting, karena secara nasional rumah tangga menghasilkan 36 persen sampah, selanjutnya pasar dan perniagaan 38 persen dan sisanya 26 persen dari perkantoran dan fasilitas publik.

"Gerakan ini dicetuskan Kementerian Lingkungan dan Kehutanan, dan ini gerakan yang sangat tepat karena sampah paling besar berasal dari masyarakat. Sekarang Pemprov Sumut mengaplikasikannya di Sumut. Kita harus ingat masalah ini masalah kita, tanggung jawab kita, tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada petugas," tambah Sabrina. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *