HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemerintah Upayakan Revitalisasi BUMDES Yang Tidak Produktif


Menteri Desa PDT, Abdul Halim Iskandar [baju putih] bersiap mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden. Foto (Setkab.go.id)

Redaksimedam.com : Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi [PDTT], Abdul Halim Iskandar mengemukakan, pemerintah akan merevitalisasi Badan Usaha Milik Desa [BUMDES] yang tidak produktif atau kurang produktif.

"BUMDES itu kan hasil dari inisiatif desa. Jadi kita tidak bisa kemudian menutup BUMDES. Kita fungsinya adalah memfasilitasi dan merevitalisasi,” kata Abdul Halim menjawab wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas tentang Penyaluran Dana Desa Tahun 2020, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/12/2019) seperti diinformasikan dari laman resmi Setkab.

Sebelumnya dalam Rapat Terbatas itu, Presiden Joko Widodo [Jokowi] menyampaikan, dirinya telah menerima laporan mengenai 2.188 BUMDES yang tidak beroperasi dan 1.670 BUMDES yang beroperasi tapi belum memberikan kontribusi pada pendapatan desa.

"Jadi tolong ini menjadi catatan," kata Presiden.

Mengenai bentuk revitalisasi itu, Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar mengatakan, penambahan modal, peningkatan jaringan, dan pendampingan.

Adapun mengenai jumlah BUMDES yang akan direvitalisasi, menurut Abdul Halim, sebanyak mungkin. Mungkin sama dengan misalnya Kementerian Desa menargetkan 10 ribu pengentasan desa tertinggal menjadi desa maju.

"Pak Presiden mengatakan kurang. Nah itu tadi, kemudian di profiling, kita lakukan, kita laksanakan,” jelas Abdul Halim.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *