HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Presiden Jokowi Resmikan Seksi II, III, dan IV Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat meresmikan beroperasinya Seksi II, III dan IV Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Gerbang Tol Samboja, Balikpapan. Foto (Setkab.go.id)
Redaksimedan.com : Presiden Joko Widodo [Jokowi] meresmikan beroperasinya pembangunan seksi II, III dan IV Jalan Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur.

Peresmian jalan tol itu dilakukan Presiden Jokowi di Gerbang Tol Samboja pada Selasa, 17 Desember 2019 usai bertemu dengan tokoh masyarakat Kalimantan Timur di Balikpapan.

Menurut Presiden, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang terdiri dari 5 seksi itu, yang telah selesai tiga seksi sepanjang 58,7 kilometer dari total 99,3 kilometer.

Sehingga dua seksi lagi yang belum selesai, yaitu seksi I dan seksi V. "Tadi saya menanyakan kepada Dirut Jasa Marga, ini akan diselesaikan nanti insyaallah paling lambat April 2020,” kata Presiden Jokowi seperti diinformasikan dari laman resmi Setkab.

Presiden menjelaskan, jalan tol yang pertama di Pulau Kalimantan itu diharapkan dapat meningkatkan kecepatan, efisiensi bagi mobilitas orang maupun barang, logistik.

"Yang biasanya dari Balikpapan ke Samarinda, Samarinda-Balikpapan itu memakan waktu kurang lebih tiga jam, enam jam PP berarti tiga jam, bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling satu jam atau sampai satu jam seperempat. Sehingga sekali lagi, kecepatan, efisiensi itu betul-betul bisa kita dapatkan,” terang Presiden.

Selain itu, menurut Presiden, jalan tol ini akan memperlancar konektivitas antara dua pusat pertumbuhan di Kalimantan Timur, Kota Samarinda dan Kota Balikpapan, yang merupakan kota kegiatan ekonomi bisnis.

Presiden berharap Jalan Tol Balikpapan-Samarinda itu juga akan mendorong pengembangan kawasan-kawasan produksi, seperti industri di sektor kelapa sawit, komoditas batu bara, minyak, gas, dan komoditas pertanian yang terhubung langsung dengan kawasan distribusi.

Dengan adanya jalan tol itu, Presiden Jokowi meyakini akan mempercepat akses masuk ke wilayah yang sudah diputuskan, yaitu ke kawasan ibu kota negara, tinggal menyambungkan ke kawasan ibu kota.

"Saya minta agar juga pada 2020 jalan menuju kawasan ibu kota baru juga sudah mulai disiapkan dan betul-betul tersambung antara jalan tol Balikpapan-Samarinda dan ke kawasan ibu kota yang kita harapkan menjadi nilai plus, karena dengan adanya jalan tol ini tersambung dua bandara yang berada di Samarinda, Airport Pranoto, dan Bandara Sepinggan di Balikpapan,” tutur Presiden Jokowi.

Tampak mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri BUMN Erick Thohir, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *