HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Presiden Jokowi Resmikan TPA Sampah Manggar di Balikpapan

Presiden Jokowi resmikan TPA Sampah Manggar di Balikpapa. Foto (Setkab.go.id)

Redaksimedan.com : Presiden Joko Widodo meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir [TPA] sampah Manggar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu pagi (18/12/2019).

Bersamaan dengan itu, Presiden Joko Widodo [Jokowi] secara simbolis juga meresmikan Bendungan Teritip yang menjadi sumber air baku bagi Kota Balikpapan.

Presiden menilai TPA Manggar merupakan tempat pemrosesan akhir sampah yang paling baik di Indonesia.

"Hijau, tidak bau, bersih, dan pembangunan yang dilakukan juga saya melihat tidak memakan biaya yang begitu banyak, yaitu Rp160 miliar,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai meresmikan TPA Manggar, seperti diinformasikan dari laman resmi Setkab.

Menurut Presiden, urusan sampah ini bukan urusan yang sepele. Namun Balikpapan sudah memiliki TPA di Manggar yang sangat bagus.

Presiden memuji Balikpapan yang memproses sampai dimulai dari rumah, tidak semuanya dibuang di TPA Manggar ini tapi dikurangi 20 persen.

Sementara di tempat lain mungkin ada yang ingin melakukan pemrosesan dengan pembakaran incinetor ya nanti dibelokkan menjadi listrik ya bagus juga.

"Tapi sampai sekarang belum ada saya melihat yang telah selesai dan pada kondisi yang baik. Jadi saya belum bisa bercerita banyak tapi mungkin pada akhir tahun depan sudah ada yang selesai, moga-moga sudah,” ujar Presiden Jokowi.

Sebelum melakukan peresmian, Presiden Jokowi terlebih dahulu melakukan peninjauan ke TPA Manggar didampingi oleh Seskab Pramono Anung, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Kaltim Isran Noor, dan Walikota Balikpapan Rizal Effendi.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *