HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Sebagian Jemaah Haji Jabar Tahun 2020 Akan Berangkat Dari Bandara Kertajati

Menteri Agama Fachrul Razi bersama Menteri Perhubungan Budi Karya memberikan keterangan kepada wartawan tentang penggunaan Bandara Kertajati untuk jamaah haji. Foto (Setkab.go.id)

Redaksimedan.com : Pemerintah memutuskan akan menggunakan Bandara Kertajati di Kabupaten Subang, Jawa Barat, untuk keberangkatan jemaah haji asal Jawa Barat [Jabar] pada musim haji 1441H/2020M.

Keputusan ini disampaikan Menteri Agama [Menag], Fachrul Razi usai mengadakan pertemuan dengan Menteri Perhubungan [Menhub] Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat siang (6/12/2019).

"Kami sepakat bahwa tahun ini kami harus langsung memberangkatkan jemaah dari Bandara Kertajati. Hambatan-hambatan pasti ada lah, tapi nanti akan kita pecahkan bersama,” kata Menag Fachrul Razi seperti diinformasikan dari laman resmi Setkab.

Pertemuan yang berlangsung selama 45 menit ini dihadiri jajaran Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah Jawa Barat, perwakilan Garuda Indonesia, dan pihak terkait lainnya.

Untuk mempercepat proses penyiapan Bandara Kertajati, Menag Fachrul Razi mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk segera membentuk tim kecil. “Kita akan memecahkan hambatan-hambatan yang masih ada secepatnya,” kata Menag.

Senada dengan Menag, Menhub Budi Karya juga sepakat untuk mempercepat proses persiapan penggunaan Bandara Kertajati.

"Berkaitan dengan hambatan, akan kita selesaikan. Dan yang hebat Pak Menteri Agama sudah menugaskan kepada kita semuanya, minggu depan sudah mulai kerja untuk menyelesaikan masalah Kertajati ini," ungkap Budi Karya.

Menurut Menhub, pemerintah menargetkan dari 97 kelompok terbang (kloter] yang ada di Embarkasi Jawa Barat, 20 di antaranya akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati.

"Kalau yang di Kertajati nanti akan kita lihat. Kita mengharapkan ada paling tidak sekitar 20 flight  minimal. Karena itu tiga kabupaten yang terdekat. Tapi kalau lebih banyak lebih bagus. Tapi minimal 20 flight,” tutur Budi Karya.

Selain haji, pemerintah juga akan mulai menggunakan Bandara Kertajati bagi jemaah umrah. "Jemaah umrah itu, di Jawa Barat bagian timur, ada 180 ribu jemaah per tahun. Jadi kita harapkan, yang diberangkatkan dari Kertajati, ada satu flight ft diberangkatkan dari sana,” urai Budi Karya.

Menurut Menhub, Menteri Agama sudah setuju, pemberangkatan umrah dari Bandara Kertajaya akan dilaksanakan mulai 1 Februari.

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *