HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Bandara Kertajati Ditetapkan Sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji

Menteri Agama Fachrul Razi. Foto (Kemenag.go.id)

Redaksimedan : Kementerian Agama [Kemenag] menetapkan Bandara Internasional Jawa Barat [BIJB] yang berlokasi di Kertajati, Majalengka sebagai Embarkasi dan Debarkasi Haji.

Penetapan tersebut ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan Menteri Agama tentang Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat [BIJB] sebagai Embarkasi/Debarkasi Haji oleh Menteri Agama [Menag] Fachrul Razi kepada Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Selasa (7/1/2020) di lantai dua keberangkatan internasional BIJB Kertajati, Majalengka. 

Hadir, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Nizar beserta jajarannya, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Bukhori beserta para Kepala Kankemenag, Direktur Operasi dan Pelayanan PT Angkasa Pura II, Dirut PT BIJB Kertajati.

Dengan penetapan tersebut, jemaah haji Jawa Barat yang awalnya berangkat ke Saudi dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, mulai tahun ini akan terbang melalui BIJB Kertajati.

Demikian juga saat pulang dari Saudi, mereka akan mendarat di BIJB Kertajati. Kuota haji Jabar sebanyak 38.852 jemaah, dan terbagi dalam 97 kelompok terbang [kloter].

"Seluruh jamaah haji asal Provinsi Jawa Barat akan diberangkatkan dari Asrama Haji Embarkasi Bekasi, setelah seluruh rangkaian proses Customs, Immigration and Quarantine [CIQ] serta layanan satu atap lainnya selesai dilaksanakan di asrama Haji Embarkasi Bekasi," tutur Menag di BIJB Kertajati.

"Selanjutnya, seluruh jamaah haji akan diberangkatkan dengan bus dari Asrama Haji Bekasi menuju BIJB Kertajati," sambungnya seperti diinformasikan dari laman resmi Kemenang.

Menag menegaskan bahwa Pemerintah terus berupaya meningkatkan layanan bagi jemaah haji Indonesia. Kehadiran Embarkasi/Debarkasi Haji BIJB Kertajati ini diharapkan akan menambah kenyamanan bagi jemaah haji Jawa Barat.

"Kami ingin tahun ini ada pilot project percepatan proses imigrasi saat kepulangan jemaah. Jika memungkinkan akan dilakukan di Jeddah atau saat di pesawat sehingga ketika tiba di Tanah Air, jemaah bisa langsung pulang," ujarnya.

"Kami berharap itu bisa dilakukan juga di Kertajati untuk pilot projectnya," sambungnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *