HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Gubernur Sumut Tinjau Lokasi Banjir di Labura

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau lokasi banjir di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)
Redaksimedan : Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meninjau lokasi banjir bandang yang terjadi di Desa Pematang dan Desa Hatapang, Kecamatan NA IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara [Labura], Rabu (8/1/2020).

Turut serta dalam kegiatan tersebut Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Untung Budiarto, Waka Polda Sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto dan Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis.

"Pertama-tama, saya mengucapkan keprihatinan mendalam untuk peristiwa yang dialami masyarakat. Harus tabah dan kuat. Kita akan segera lakukan pemulihan, apa yang telah rusak akibat banjir ini akan segera kita tata. Jangan khawatir dan senantiasa sabar," ujar Edy Rahmayadi.

Menurut Edy Rahmayadi, sungai harus dijaga kelestariannya dengan tidak membuang sampah ke sungai atau menebang pohon di sekitar sungai. "Karena pepohonan itu mampu mengendalikan banjir," kata Edy Rahmayadi.

Adapun beberapa harapan yang disampaikan masyarakat yakni penataan kembali infrastruktur jalan yang rusak, perkebunan kecil masyarakat seperti sawit, karet, persawahan dan merelokasi rumah-rumah warga.

Edy mengatakan akan segera mengambil langkah, khususnya memenuhi permintaan dan harapan masyarakat. Di antaranya merelokasi rumah-rumah warga yang tinggal di DAS, mengganti tanaman-tanaman yang rusak, seperti sawah, sawit, karet dan lainnya diberikan ganti bibit. Kemudian, pemasangan bronjong-bronjong untuk wilayah-wilayah longsor.

"Ada sekitar 27 KK yang akan direlokasi ke tempat yang aman. Bupati siapkan lahan dan kita bangun rumah. Infrastruktur yang rusak juga akan kita benahi. Kita mendapat bantuan dari Kementerian PUPR sebanyak Rp40 miliar,” jelas Edy Rahmayadi. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *