HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemko Medan Salurkan Bantuan Kepada Warga Korban Banjir Di Kelurahan Besar

Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring menyerahkan bantuan Pemko Medan kepada korban banjir di Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan. Foto (Humas Pemko Medan)

Redaksimedan : Pemerintah Kota Medan menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Penyaluran bantuan itu dilakukan pada Rabu (29/1/2020) yang diserahkan oleh Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution diwakili Kepala BPBD Kota Medan, Arjuna Sembiring saat meninjau lokasi banjir di Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan.

Banjir yang terjadi pada Selasa 28 Januari 2020 hingga Rabu pagi 29 Januari 2020 akibat curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan tergenangnya ratusan rumah warga dengan ketinggian air berkisar 50-80 cm, sehingga warga tidak dapat beraktifitas.

Dari data yang diperoleh BPBD Kota Medan, papar Arjuna, kawasan Kelurahan Besar yang digenangi air meliputi Jalan Rawe I Lingkungan II, rumah warga yang terendam sebanyak 100 unit rumah dengan 200 KK [600 jiwa] dengan ketinggian air 80 cm.

Di Lingkungan III, rumah warga yang terkena banjir sebanyak 200 unit dengan 200 KK [450 jiwa] serta ketinggian air sekitar 70 cm.

Selanjutnya di Lingkungan V, sebut Arjuna, rumah warga yang terendam banjir sebanyak 200 unit dengan 200 KK [400 jiwa], ketinggian air  mencapai 80 cm.

Di Lingkungan X, rumah yang terendam banjir sebanyak 169 unit dengan 169 KK [350 jiwa] ketinggian air mencapai  70 cm, di Lingkungan XI sebanyak 100 unit rumah warga terendam dengan 120 KK [250 jiwa] ketinggian air mencapai 80 cm.

Di Lingkungan XII sebanyak 200 unit rumah dengan 200 KK [400 jiwa] dengan ketinggian air mencapai 70 cm serta Lingkungan XX Blok VIII, IX, X dan XI sebanyak 500 unit rumah terendam dengan jumlah 500 KK [1500 jiwa] dan ketinggian air mencapai 60 cm.

Penyerahan Bantuan dari Pemko Medan untuk korban banjir di Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan. Foto (Humas Pemko Medan)

"Jadi jumlah total yang terdampak banjir sebanyak 1.469 rumah dengan 1.789 KK  atau 3.500 jiwa. Untuk itu atas nama Plt Walikota Medan, saya menyampaikan rasa prihatin yang mendalam atas musibah banjir ini. Seluruh organisasi perangkat daerah terkait akan berupaya dan bekerja keras untuk mengatasi masalah banjir ini," kata Arjuna.

Sebagai bentuk empati dan membantu meringankan warga yang menjadi korban banjir, ungkap Arjuna, Pemko Medan memberikan bantuan berupa sembako dan makanan, termasuk mie instan dan air mineral.

"Semoga bantuan yang diberikan ini dapat bermanfaat bagi warga yang menjadi korban kebanjiran," harap Arjuna yang saat itu didampingi Camat Medan Labuhan Rudi Asriandi dan lurah.

Disampaikan Arjuna, sebagian warga masih bertahan di rumah masing-masing karena yakin air akan segera surut.

Meski demikian, banyak juga warga yang mengungsi di Masjid Al Muchlisin dan Masjid Al Faisal membawa anggota keluarganya. "Kita menempatkan personil TRC-PB di lokasi untuk melaksanakan pemantauan dan pendataan terhadap warga yang menjadi korban banjir," ujarnya.

BPBD Kota Medan, kata Arjuna, juga terus  berkoordinasi dengan pihak kecamatan, kelurahan dan lingkungan, terutama dalam memberikan bantuan dan pelayanan kepada warga.

Kemudian terus memantau kondisi dan situasi wilayah yang rentan banjir, mengingat cuaca hampir sepanjang hari berawan. "Di samping itu juga kita telah mempersiapkan peralatan bila diperlukan dan pemasangan tenda pengungsi," kata Arjuna. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *