HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemko Medan Siap Gelar Festival Thaipusam 2020

Kadis Kebudayaan Kota Medan, OK Zulfi mewakili Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution memimpin rapat koordinasi persiapan Festival Thaipusam 2020. Foto (Humas Pemko Medan)

Redaksimedan : Pemerintah Kota Medan siap untuk menggelar Festival Thaipusam tahun 2020 di Kota Medan.

Tentunya dalam menyambut festival itu, Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan Kota Medan menggelar rapat koordinasi dan persiapan kegiatan antar organisasi perangkat [OPD] daerah di lingkungan Pemko Medan.

Rakor tersebut digelar di Balaikota Medan pada Selasa (28/1/2020) yang dipimpin Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution diwakili Kepala Dinas Kebudayaan Kota Medan OK Zulfi.

Rakor yang digelar bertujuan agar perayaan hari spesial masyarakat Hindu Tamil ini dapat berjalan aman dan lancar juga melibatkan panitia kegiatan dari Parisada Hindu Dharma Indonesia [PHDI] Kota Medan dengan harapan seluruh OPD dan unsur terkait dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi secara maksimal.

Dalam arahannya, OK Zulfi menjabarkan satu-persatu uraian tugas masing-masing OPD di lingkungan Pemko Medan.

Adapun OPD yang terkait yakni Dinas Kebudayaan, Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran [P2K], Dinas Pariwisata, Dinas Kebersihan dan Pertamanan [DKP].

Selain itu, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Bagian Humas, Bagian Umum Setda Kota Medan serta pihak Kecamatan Medan Petisah.

"Rapat ini kita gelar guna menyamakan persepsi dan tindakan menyambut Festival Thaipusam yang akan digelar pada Sabtu 8 Februari 2020. Kami berharap semua pihak dapat fokus menjalankan tupoksinya masing-masing sehingga seluruh rangkaian acara dapat berjalan lancar," kata OK Zulfi.

Kepada Dinas DKP, OK Zulfi meminta agar menyiapkan petugas kebersihan di dua titik lokasi acara yakni di Kuil Shri Subramanian Nagaratar di Jalan Kejaksaan dan Kuil Shri Bathara Kali di Jalan Sei Belutu Medan.

Selain itu, kata Ok Zulfi, Dinas Perhubungan agar berkoordinasi dengan pihak Kodim 0201/BS dan Polrestabes Medan untuk mengamankan lokasi acara hingga selesai.

"Dari informasi yang kita terima, Festival Thaipusam akan digelar sejak pagi hari sekitar pukul 05.30 WIB. Selanjutnya kemudian dilanjutkan dengan acara festival berupa pawai Kereta Kencana mulai pukul 19.30 WIB. Maka dari itu, kami berharap personil dapat stand by baik di titik lokasi maupun di jalan yang menjadi rute perjalanan," harapnya.

OK Zulfi berpesan agar PHDI dapat menyurati kuil untuk mengajak masyarakat Hindu Tamil meramaikan Festival Thaipusam. "Ini merupakan tahun ke tiga acara ini kita gelar. Semoga semakin banyak masyarakat yang hadir melihat dan meramaikan festival ini," ujarnya.

Ketua PHDI Kota Medan, Surya mengucapkan terimakasih kepada Pemko Medan yang telah memfasilitasi rapat koordinasi Thaipusam.

Pihaknya pun mengajak masyarakat untuk ikut meramaikan kegiatan yang akan digelar Sabtu 8 Februari 2020. "Kami berharap kita semua dapat bersinergi agar Festival Thaipusam berjalan lancar. Ayo kita ramaikan dan meriahkan,"  ajak Surya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *