HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Plt Walikota Medan Instruksikan Dinas Kesehatan Antisipasi Corona Virus

Kadis Kesehatan Kota Medan, Dr Edwin Effendi. Foto (Humas Pemko Medan)

Redaksimedan 
: Pelaksana Tugas [Plt] Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan Kota Medan segera melakukan antisipasi agar warga Kota Medan tidak terjangkit Corona Virus.

"Saya minta Dinas Kesehatan segera lakukan langkah antisipasi, kita tidak mau warga Kota Medan terserang Corona Virus. Selain melakukan sosialisasi informasi yang benar kepada masyarakat tentang pencegahan Corona Virus, Dinas Kesehatan juga harus menyiapkan sarana dan fasilitas kesehatan. Dengan demikian jika ada warga yang terkena Corona Virus, secepatnya langsung ditangani,” kata Akhyar Nasution di Balai Kota Medan, Senin (27/1/2020).

Selain itu, kata Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, Dinas Kesehatan juga harus membuat surat edaran kepada jejaring fasilitas layanan kesehatan di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Medan.

Kemudian melakukan rapat koordinasi Dinas Kesehatan dengan lintas sektor terkait dengan kewaspadaan dini menghadapi Corona Virus.

"Saya minta masyarakat tidak panik, tingkatkan kewaspadaan, terutama bila mengalami gejala demam, batuk disertai kesulitan bernafas. Jika mengalami gejala seperti ini, masyarakat harus segera mencari pertolongan ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat lainnya,” pesannya.

Kadis Kesehatan Kota Medan, Dr Edwin Effendi mengungkapkan, Kota Medan sampai saat ini bebas dan aman dari Corona Virus. Sejauh ini belum ada warga Kota Medan yang terjangkit virus yang bersumber dari hewan tersebut.

Meski demikian, Edwin mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan akan Corona Virus.

"Masyarakat harus dapat mengenali ciri-ciri awal yang diindikasi sebagai gejala Corona Virus, seperti demam, lemas, batuk kering dan sesak nafas. Terutama, usia lanjut dan balita karena sangat rentan terjangkit Corona Virus. Masa inkubasi penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun rata-rata gejala timbul setelah 2-14 hari," ujarnya.

Edwin juga menerangkan, pencegahan juga dapat dilakukan dengan cara menjaga kebersihan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata.

Selain itu kebersihan tangan dilakukan setelah memegang instalasi publik. “Caranya cuci tangan dengan sabun dan bilas tangan dengan air mengalir selama 20 detik. Lalu keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, bisa menggunakan sanitizer alcohol 70-8096,,” ungkapnya.

Pencegahan dapat dilakukan dengan menutup mulut dan hidung dengan tisu atau sapu tangan ketika bersin maupun batuk. “Gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan ketika memiliki gejala sesak nafas. Istirahat bila sedang sakit, serta konsumsi buah dan sayur minimal 3 kali perhari dan makan makanan bergizi lainnya,” pesannya.

Apabila sudah terindikasi terjangkit penyakit Corona Virus dan ada riwayat perjalan dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum munculnya gejala, kata Edwin, pasien segera dirujuk ke RSUP H Adam Malik agar mendapatkan penanganan yang lebih intensif.

"Sebagai bentuk kesiapsiagaan menghadapi penyebaran Corona Virus, kita telah menyurati seluruh rumah sakit dan puskesmas di Kota Medan," ujarnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *