HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemko Medan, TNI dan Polri Bersihkan Bantaran Sungai Deli di Belakang Istana Maimun

Kegiatan bersih-bersih bantaran Sungai Deli Medan. Foto (Humas Pemko Medan)


Redaksimedan : Pemerintah Kota Medan bersama TNI/Polri melakukan kegiatan aksi pembersihan bantaran Sungai Deli yang ada di belakang Istana Maimun Medan di Jalan Brigjen Katamso Medan, Kecamatan Medan Maimun, Rabu (11/3/2020).

Turut serta juga Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan, Badan Sar Nasional, BMKG, Balai Wilayah Sungai [BWS], unsur kecamatan dan kelurahan, kepala lingkungan, komunitas peduli lingkungan, akademisi dan praktisi serta warga sekitar ikut melakukan aksi bersih-bersih Sungai Deli.

Selain menggunakan peralatan manual seperti cangkul, penggaruk, serta mesin babat, gotong royong massal juga didukung alat berat berupa backhoe loader.

Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring mengatakan, selain menjadikan Sungai Deli bersih sampah, kegiatan ini sekaligus bertujuan untuk menstimulus, mengajak dan mengedukasi masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai agar tidak membuang sampah sembarangan, terlebih ke Sungai Deli.

"Susur sungai dan aksi bersih Sungai Deli ini merupakan yang ketiga kalinya kita gelar. Kegiatan ini akan rutin kita lakukan dengan harapan Sungai Deli dapat segera bersih dan terbebas dari sampah," ujar Arjuna.

Selain itu juga, papar Arjuna, kegiatan ini mengajarkan masyarakat sekaligus menumbuhkan kesadaran kepada mereka agar tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama ke Sungai Deli, karena dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan pendangkalan.

Sejak pertama kali digelar, aksi bersih-bersih Sungai Deli yang dilakukan Pemko Medan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak.

"Untuk mewujudkan Medan bersih dibutuhkan komitmen, kerja keras dan keseriusan dari semua pihak untuk mewujudkan. Untuk itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan turut serta mendukung kegiatan ini,’’ ungkapnya.

Disampaikan Arjuna, kegiatan bersih-bersih Sungai Deli ini difokuskan pada lokasi yang memang dipenuhi banyak sampah.

Untuk itu, kata Arjuna, Pemko Medan menurunkan alat berat berupa backhole loader dan truk sampah untuk mengangkut  sampah yang dihasilkan. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *