HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Kebiasaan Hidup Bersih Harus Diberikan Sejak Dini kepada Anak-anak

Plt Kadis Pendidikan Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus saat mendampingi Bupati Batubara Ir H Zahir MAP meninjau salah satu sekolah dasar di Kabupaten Batubara. Foto (istimewa)

Redaksimedan.com : Kebiasaan untuk hidup bersih harus diberikan sejak dini kepada anak-anak kita.

"Tidak hanya di rumah, tapi juga di sekolah," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Ilyas Sitorus kepada wartawan disela kunjungannya mendampingi Bupati Batubara Ir H Zahir meninjau sekolah di Kabupaten Batubara, Selasa (17/9/2019).

Cara membiasakan anak-anak terutama anak-anak yang masih dibawah usia lima tahun atau usia sekolah dasar untuk hidup bersih dan peduli pada kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan sekolah, menurut Ilyas, harus ada pembiasaaan dari pihak sekolah.

Misalnya, sebut Ilyas, dengan membuat rambu-rambu untuk tidak membuang sampah sembarangan dengan media gambar atau dengan nasehat langsung atau persuasi yang sifatnya lisan.

"Sekolah juga harus menyediakan tempat sampah dengan jumlah yang memadai atau sesuai kebutuhan, kalau dapat dipisahkan antara tempat sampah organik atau basah dan tempat sampah non organik atau kering," ujar Ilyas Sitorus yang saat ini sedang mengeyam pendidikan Pasca Sarjana S3 di Unimed.

Selain itu, kata Ilyas, bisa juga sesama siswa untuk saling mengingatkan, jadi semacam ada swakontrol, saling mengawasi dan mengingatkan diantara sesama teman.

Hal ini bagus, kata Ilyas, karena secara tidak langsung anak-anak digiring pada satu pemahaman bahwa kebersihan sekolah adalah tanggung jawab bersama dan oleh karena mereka harus saling mewujudkan dan menjaganya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *