HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Menhub Soft Lounching Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo

Soft Lounching Kereta Api Bandara Adi Soemarmo. Foto (dephub.go.id)

Redaksimedan : Kereta Api Bandara Internasional Adi Soemarmo [KA BIAS] sudah mulai beroperasi perdana secara terbatas mulai Minggu 29 Desember 2019 dan akan digratiskan selama dua bulan ke depan.

Demikian dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada acara Soft Launching pengoperasian KA BIAS di Bandara Internasional Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (29/12/2019).

Perjalanan kereta api rute Stasiun Solo Balapan-Bandara Internasional Adi Soemarmo tersebut waktu tempuh menuju hanya sekitar 20 menit.

Sementara itu, waktu tempuh menuju Bandara Adi Soemarmo dari Kota Solo memerlukan waktu sekitar 40-60 menit pada jam sibuk dengan kendaraan mobil.

Menhub Budi berharap, kereta api bisa menjadi akses transportasi utama dari dan ke Bandara Adi Soemarmo.

"Disini pertama kali di Indonesia kereta api bisa langsung masuk ke bandara [area keberangkatan terminal penumpang]. Waktunya juga sangat singkat dari pusat kota ke bandara," kata Menhub Budi seperti diinformasikan dari laman resmi dephub.

Selama pengoperasian sementara, PT KAI selaku operator KA BIAS akan menggratiskan biaya perjalanan kereta selama 2 bulan mendatang.

Menhub Budi menambahkan pengoperasian kereta bandara ini menciptakan integrasi antar moda transportasi yang baik guna mendukung Candi Borobudur sebagai salah satu dari lima 'Bali Baru' atau destinasi wisata superprioritas.

Selain itu, ia menambahkan pihaknya telah membuat “cincin” atau lingkaran jalur kereta api yang mengelilingi dari Kota Cirebon, Yogyakarta, Solo, dan Semarang.

"Nantinya warga dari Wonogiri, Madiun juga bisa turun di Stasiun Solo Balapan menuju Bandara Adi Soemarmo dan sebaliknya menggunakan kereta. Atau dari Stasiun Solo Balapan bisa jalan-jalan menggunakan bus di Terminal Tirtonadi yang terhubung langsung dengan Solo Balapan. Selain itu, turis asing bisa turun di Bandara Internasional Adi Soemarmo atau Bandara Internasional Yogyakarta sehingga keterpaduan antar moda ini menjadi cluster kecil menuju Candi Borobudur," jelas Menhub Budi.

Menhub menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dan berupaya mewujudkan ini semua yaitu panglima TNI, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Boyolali, Walikota Solo, PT Angkasa Pura I, PT KAI dan pihak terkait lainnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *