HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Hubungan Kerjasama Jepang-Sumut Diharapkan Meningkat



Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang. Foto (ist)

MEDAN : Kerjasama antara Jepang dengan Provinsi Sumatera Utara diharapkan dapat terus ditingkatkan di masa depan, khususnya yang berkaitan dengan teknologi.

Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah saat menghadiri 60 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang yang digelar di salah hotel di Medan, Selasa (23/10/2018).

"Siapapun sudah tahu kalau Jepang itu terkenal dengan kecanggihan teknologinya. Memperingati 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang hari ini, saya berharap akan ada lebih banyak kerjasama Sumut dan Jepang di masa depan. Terlebih-lebih yang berkaitan dengan teknologi," kata Musa Rajekshah.

Niat serius Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk menjalin kerjasama dengan Jepang, kata Musa Rajekshah, telah ditandai dengan pertemuan dengan para pengusaha Jepang yang tergabung dalam ASEAN Nagoya Club di Jakarta baru-baru ini.

Beberapa investasi yang dibahas diantaranya dalam bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, dan pengelolaan sampah.

"Saat ini, kami sedang concern dengan teknologi pengelolaan sampah. Kita ingin belajar dari Jepang bagaimana agar sampah-sampah di Sumut ini bisa terkelola dengan baik, misalnya mengubah sampah menjadi energi atau produk bernilai guna lainnya," ujarnya.

Program lainnya yang juga direncanakan, sebut Musa Rajekshah, di bidang pendidikan. Pelajar dan mahasiswa berprestasi di Sumut akan dikirim ke beberapa negara maju untuk studi, dimana yang menjadi salah satu negara tujuan adalah negara Jepang.

Direktur Jenderal The Japan Foundation sekaligus Perwakilan Komite Pelaksana Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang, Norihisa Tsukamoto menyampaikan bahwa Medan merupakan kota keempat tempat diselenggarakannya Simposium Bisnis dan Teknologi. (RM)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *