HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemprov Sumut Akan Luncurkan Program 'Sumut Jendela Dunia'

Rapat Pengisian Data Potensi Sumut. Foto (ist)


MEDAN : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) segera melakukan proses pemetaan potensi daerah lewat program yang disebut ‘Sumut Jendela Dunia’.

Yakni portal website berisi informasi audiovisual tentang data-data Sumber Daya Alam (SDA), wisata, pemerintahan, kemasyarakatan dan lainnya di Sumut. Portal ini nantinya akan terintegrasi dengan Sumut Smart Province.

Hal itu terungkap dalam rapat Pengisian Data Potensi Sumut yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, Hj Sabrina MSi, di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Kamis (8/11/2018).

Selain potensi sumber daya alam, Sabrina berharap agar program 'Sumut Jendela Dunia' juga berisi tentang prestasi-prestasi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Sumut.

Misal, sebut Sabrina, salah satunya berupa database atlet-atlet Sumut. Selain itu, bisa pula menampilkan hasil-hasil penelitian Balitbang dan Dewan Riset Daerah.

Pengisian data potensi tersebut, kata Sabrina, harus dilakukan secara benar dan jangan sampai ada kesalahan. Harus ada tim yang khusus untuk cross check setiap data yang dimasukkan dinas.

“Jangan sampai nanti ada data yang tidak berkesesuaian antara satu dinas dengan dinas yang lainnya,” ujarnya.

Sabrina juga menyatakan sangat mendukung program 'Sumut Jendela Dunia' tersebut. Bahkan, diharapkan agar program tersebut dapat segera diluncurkan.

“Melalui pemetaan, kita dapat membuat kategori atau klasifikasi daerah-daerah kita. Daerah pegunungan potensi apa misalnya, dan sudah sejauh mana kita memberdayakan potensi daerah tertentu. Data yang jelas memudahkan investor juga untuk investasi ke kita,” ujar Sabrina.

Kepala Diskominfo Provinsi Sumut, M Fitriyus saat memoderatori rapat menyampaikan bahwa program 'Sumut Jendela Dunia' ini merupakan perwujudan dari pelaksanaan good governance dan transparansi atau keterbukaan. (RM)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *