HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

PKK Sumut Tampilkan Pakaian Adat Melayu Batubara di Fashion Show Baju Adat PKK

Ketua TP PKK Kabupaten Batubara, Maya Indriasari Zahir Mengenakan Pakaian Pengantin Adat Melayu Batubara didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumut, Nawal Edy Rahmayadi saat mengikuti kegiatan Fashion Show Baju Adat PKK pada acara Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Nasional di Padang, Sumatera Barat. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)


PADANG : Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga [TP PKK] Provinsi Sumatera Utara ikut berpartisipasi dalam kegiatan Fashion Show Baju Adat PKK yang digelar di lapangan Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol, Kota Padang, Sumatera Barat pada Kamis 25 Juli 2019.

Kegiatan Fashion Show tersebut merupakan rangkaian acara peringatan Hari Kesatuan Gerak [HKG] PKK Tingkat Nasional ke-47 tahun 2019.

Fashion Show tersebut diikuti seluruh provinsi di Indonesia, menampilkan keindahan dan keunikan pakaian adat yang dimiliki setiap provinsi dan diperagakan langsung oleh ketua, wakil ketua atau yang mewakili TP PKK masing-masing provinsi.

Untuk Provinsi Sumatera Utara, diwakili oleh Ketua TP PKK Kabupaten Batubara Maya Indriasari Zahir.

Ketua TP PKK Kabupaten Batubara, Maya memakai pakaian pengantin adat Melayu Batubara yang terdiri dari kain dan baju tenun songket warna biru, asli tenun Batubara dengan motif 'Pucuk Pandan' yang bermakna kesucian.

Adapun aksesoris yang dikenakan yakni aksesoris kepala menggunakan 'Desta besar dan Desta kecil' dengan motif bunga melati yang bertabur indah berwarna emas.

Aksesoris pada bagian dada mengenakan kalung atau rantai papan yang tersusun rapi dan indah. Pada bagian lengan, Maya memakai gelang atau ikat tangan berwarna emas.

"Keseluruhan aksesoris merupakan kerajinan tangan [handmade] berbahan manik, kawat, tembaga dan kertas kilat. Buatan ibu-ibu PKK Kabupaten Batubara," ujar Maya usai mengikuti Fashion Show.

Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Nawal Edy Rahmayadi langsung menyambut Maya usai turun dari panggung dan memuji penampilannya saat di atas panggung.

Menurut Nawal, berpartisipasi dalam Fashion Show tersebut merupakan salah satu bentuk upaya PKK Sumut mengabarkan dan mensosialisasikan ragam keunikan busana yang dimiliki di Provinsi Sumut.

"Songket Palembang itu terkenal kan, tapi mungkin masih banyak juga yang belum tahu kalau kita juga punya songket Batubara, seperti yang dikenakan Maya ini. Jadi, ini salah satu cara kita mengabarkan," ujar Nawal.

Nawal mengaku menikmati penampilan Fashion Show Baju Adat PKK itu, karena hal tersebut membuktikan bahwa Indonesia merupakan negara yang benar-benar kaya budaya. Dalam hal ini, tergambar pada variasi pakaian adat masing-masing provinsi. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *