HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Provinsi Sumatera Utara Miliki Potensi Wisata Yang Luar Biasa

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut Saat Berada di Objek Wisata Pasir Putih di Porsea, Tobasa. (Redaksimedan.com)

MEDAN : Provinsi Sumatera Utara memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa, yang dapat dinikmati para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara.

Beberapa objek wisata di Provinsi Sumatera Utara yang dapat dikunjungi para wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Hidayati, diantaranya Danau Toba, Berastagi di Kabupaten Karo, Bahorok yang ada di Kabupaten Langkat dan beberapa daerah lainnya.

Untuk destinasi wisata Danau Toba ini cukup luas danaunya, bahkan Danau Toba ini dikeliling tujuh kabupaten diantaranya Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Karo.

Menuju objek wisata Danau Toba ini bisa dilakukan melalui jalur darat dengan menggunakan kendaraan bermotor bahkan juga bisa menggunakan transportasi udara menggunakan pesawat.

Karena di kawasan Danau Toba sudah ada Bandara Silangit di Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara yang sekarang ini bandara tersebut sudah menjadi bandara internasional.

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara berkunjung ke objek-objek wisata yang ada di Provinsi Sumatera Utara, ungkap Hidayati, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus melakukan pembenahan-pembenahan terhadap fasilitas destinasi wisata termasuk pengembangan sumber daya manusia.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara, Hidayati mengatakan, ada beberapa point yang harus dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Provinsi Sumatera Utara.

Objek Wisata Pasir Putih di Porsea, Kabupaten Toba Samosir

Point pertama adalah tentang fasilitasi destinasi. Fasilitasi destinasi itu, sebut Hidayati, adalah menyangkut aksesbilitas, amenitas dan atraksi yang harus dibangun.

“Sekarang saya sedang memplotkan hal-hal fasilitasi kecil-kecilan, sebab aksebilitas itu dari pusat seperti jalan, flight [penerbangan] sudah mulai atau sudah ada,” kata Hidayati kepada wartawan belum lama ini.

Tapi kalau fasilitasi destinasi seperti rest area, toilet bersih, mushollah, kuliner halal, penunjuk area, menurut Hidayati, itu masih belum lengkap.

Point selanjutnya yang akan dilakukan Pemprov Sumut untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara khususnya Danau Toba adalah dengan membuat even-even bertaraf internasional.

Objek Wisata Pasir Putih di Porsea, Kabupaten Toba Samosir

”Harus ada even-even bertaraf internasional. Kalau bisa even-even yang sekarang ini dibuat berskala internasional, bukan hanya pesta kecil-kecilan. Kemudian promosi ke luar negeri juga sangat penting untuk dilakukan dengan memperluas branding. Kalau kita tidak melakukan strategi branding, atau tidak mempromosikan ke luar negeri, mustahil kita dikenal dunia,” ujar Hidayati.

Yang tak kalah penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan tersebut adalah dengan melakukan peningkatan Sumber Daya Manusia sebagai pelaku pariwisata dengan cara memberikan pendidikan kepariwisataan kepada masyarakat sekitar maupun pendidikan kepada para pelajar.

Objek Wisata Pasir Putih di Porsea, Kabupaten Toba Samosir
Pak Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi memberikan arahan kepada saya, ungkap Hidayati, dimana SMK-SMK itu harus diperbanyak, sehingga jiwa entrepreneur atau jiwa mandiri dari anak-anak yang sekolah itu akan lebih banyak lagi.

Sekarang ini, kata Hidayati, pihaknya sedang melakukan beberapa kegiatan diantaranya tentang Sadar Wisata Masuk Sekolah. Artinya, sejak usia dini atau sejak anak-anak diberikan pendidikan tentang sadar wisata.

Untuk menarik kunjungan wisatawan ke Danau Toba yang sudah berskala dunia ini, kata Hidayati, tentunya kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di kawasan Danau Toba seperti Festival Danau Toba akan dibuat spektakuler.

Objek Wisata Pasir Putih di Porsea, Kabupaten Toba Samosir

Kemudian untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah lainnya yang ada di Sumatera Utara seperti berkunjung ke Kepulauan Nias, sebut Hidayati, juga akan digelar kegiatan Sail Nias Indonesia yang rencananya digelar di bulan September yang akan dibuat spektakuler.

“Juga akan ada Sport Taourism, Internasional Taorism, Samosir Pesta. Inilah salah satu target kita untuk menarik serta meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Juga dilakukan jualan ke luar negeri dengan membuka stand, orang langsung daftar ke stand, berapa orang wisatawan itu yang mau ikut atau berkunjung ke Sumatera Utara,” kata Hidayati. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *