HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Sekdaprov Sumut : Siaga Kunci Keselamatan

Sekdaprov Sumut Hj Sabrina Bersama Para Peserta Pelatihan Sistem Komando Penanganan Darurat. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

MEDAN : Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara [Sekdaprov Sumut] Hj Sabrina menilai sikap siaga dan pengetahuan kebencanaan merupakan kunci penting dalam meningkatkan keselamatan serta merupakan fondasi untuk mewujudkan daerah yang tangguh dalam menghadapi bencana.

Hal ini disampaikannya usai menghadiri dan menjadi peserta pada Pelatihan Incident Command System [ICS] for Incident Commander [IC] atau Pelatihan Sistem Komando pada Penanganan Darurat, di Ballroom Hotel Emerald Garden Medan di Jalan Yos Sudarso Medan, Kamis (4/7/2019).

"Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk usaha kita untuk mewujudkan kesiapsiagaan bencana. Semakin siaga dan penuh persiapan kita, mudah-mudahan semakin kecil risiko atau dampak yang harus kita tanggung akibat bencana. Apalagi menyangkut keselamatan jiwa manusia, harus serius kita," ujar Sabrina.

Sebagai salah satu provinsi dengan indeks risiko bencana tinggi, kata Sabrina, sudah sepatutnya Sumber Daya Manusia [SDM] Sumut baik level pemerintah maupun masyarakat, dibekali dengan pengetahuan kebencanaan.

"Pelatihan yang saat ini, ditujukan bagi Pimpinan Sekretaris Daerah dan Kepala BPBD se-Sumut. Mudah-mudahan nantinya juga ditularkan atau disosialisasikan pada masyarakat di daerah masing-masing. Sehingga, upaya kita meminimalisir risiko bencana terwujud, dan daerah kita termasuk sebagai daerah yang tangguh bencana," ucapnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Sumut, Riadil Akhir Lubis menyampaikan bahwa pelatihan yang terlaksana hari ini telah dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Markas Rindam, Pematangsiantar pada Rabu kemarin, 3 Juli 2019.

Riadil menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya pelatihan ini adalah memantapkan pengetahuan dan kecakapan Sekda dan Kepala BPBD dalam menjalankan tupoksi selaku koordinator, pelaksana teknis, dan komando dalam masalah penanggulangan bencana. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *