HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Layani 20.123 Pelanggan Air Limbah, Program L2T2 dan L2T3 PDAM Tirtanadi Diluncurkan

Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sumut Trisno Sumantri di acara peluncuran program L2T2 dan L2T3. Foto (ist)


Redaksimedan : Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal [L2T2] dan Layanan Lumpur Tinja Tidak Terjadwal [L2T3] yang diselenggarakan PDAM Tirtanadi Sumut secara resmi diluncurkan oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Peluncuran atau Grand Lounching program L2T2 dan L2T3 itu digelar di Gubernuran, pada Selasa (18/2/2020).

Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sumut, Trisno Sumantri menjelaskan, disamping melaksanakan penyediaan air minum, PDAM Tirtanadi juga mengelola air limbah terutama limbah domestik.

"Saat ini masih melayani khusus Kota Medan dan sekitarnya serta Kota Parapat dalam rangka memelihara lingkungan seputar kawasan wisata Danau Toba," kata Trisno Sumantri.

Hingga per Januari 2020, ungkap Trisno, jumlah pelanggan air limbah yang dilayani PDAM Tirtanadi sebanyak 20.123, masih sekitar lebih kurang 1 persen dari jumlah penduduk Kota Medan.

Hal ini tentu akan menjadi tantangan dan sekaligus peluang bagi PDAM Tirtanadi dalam rangka mengembangkan bisnis dan layanan di bidang limbah domestik ini sembari memelihara lingkungan sekitar.

Disamping itu juga, kata Trisno, PDAM Tirtanadi juga akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan menjalin kerjasama melalui instansi-instansi dan lembaga-lembaga terkait.

Disampaikan Trisno, sistem pengelolaan air limbah di Kota Medan saat ini menggunakan sistem pengelolaan air limbah domestik terpusat dengan sistem perpipaan dari rumah penduduk hingga ke Instalasi Pengolahan Air Limbah di Cemara.

Kapasitas instalasi sebesar 10.000 M3 per hari dan Instalasi Pengolahan Limbah di Parapat dengan kapasitas  2.000 M3 per hari.

"Di samping itu di Cemara juga terdapat Instalasi Pengolahan Limbah Terpadu [IPLT] dengan kapasitas sebesar 2 X 50 M3 per hari," ujarnya. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *