HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Menlu Retno Terima Bintang Kehormatan Malalai dari Pemerintah Afganistan

Presiden Afganistan, Ashraf Ghani menganugerahkan Bintang Kehormatan Malalai kepada Menlu RI Retno Marsudi. Foto (Kemlu.go.id)


Redaksimedan​ : Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani, menganugerahkan Bintang Kehormatan “Malalai”, kepada Menteri Luar Negeri RI [Menlu], Retno Marsudi, dalam Kunjungan Kerja yang dilaksanakan di Kabul, Afghanistan (1/3/2020).

“Sebagai penghargaan atas kerja keras yang terus menerus, dalam memajukan kerjasama bilateral dan membangun rasa percaya antara Indonesia dan Afghanistan, membangun perdamaian di kawasan dan dunia, saya dengan hormat menganugerahkan Bintang Kehormatan “Malalai” kepada Menlu Retno Marsudi,” tegas Presiden Ashraf Ghani, sesaat sebelum penyematan bintang kehormatan tersebut seperti diinformasikan dari laman resmi Kemenlu RI, Minggu (1/3/2020).

Bintang Penghargaan Malalai adalah salah satu bintang penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Afghanistan kepada tokoh Afghanistan maupun internasional yang telah memberikan kontribusi luar biasa kepada Afghanistan.

Nama Malalai sendiri diambil dari nama salah seorang Pahlawan Nasional Wanita Afghanistan, Malalai Ana, yang memimpin perjuangan rakyat Afghanistan melawan penjajahan Inggris di tahun 1880.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk membantu proses perdamaian di Afghanistan, terutama terkait dua aspek, yaitu Dialog Ulama, melalui Konferensi Ulama di Indonesia pada tahun 2020, dan pemberdayaan wanita, melalui Jaringan Solidaritas Wanita Afghanistan-Indonesia, yang juga baru diresmikan pada hari yang sama.

"Rakyat Indonesia senantiasa akan bersama rakyat Afghanistan untuk perdamaian yang lestari di Afghanistan," tutup Menlu Retno Marsudi. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *