HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Masyarakat Diminta Lebih Serius Terapkan Protokol Kesehatan

Juru bicara GTPP Covid-19 Sumut, Whiko Irwan. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan : Gugus Tugas Percepatan Penanganan [GTPP] Covid-19 Sumatera Utara meminta masyarakat harus lebih serius dalam menjalani protokol kesehatan.

Hal yang paling ditekankan GTPP Covid-19 Sumut, kata juru bicara GTPP Covid-19 Sumut, Whiko Irwan, adalah penggunaan masker penutup mulut dan menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain.

"Kasus positif di Sumut masih meningkat, hari ini ada penambahan dua kasus lagi. Dengan semakin tingginya mobilitas orang-orang, maka penyebaran Covid-19 akan tinggi," kata Whiko saat siaran langsung di Media Centre GTTP Sumut di Jalan Diponegoro Medan, Rabu (13/5/2020).

Jadi, kata Whiko, gunakan masker penutup mulut bila ke luar rumah, karena dengan menggunakan masker penutup mulut, anda tidak mengeluarkan droplet atau terkena droplet.

"Kita tidak tahu siapa yang saat ini positif Covid-19, karena tidak sedikit orang-orang tidak mengalami gejala apa-apa,” ujarnya.

Selain menggunakan masker penutup mulut, GTTP Covid-19 Sumut juga meminta masyarakat agar mengatur jarak paling tidak 2 meter saat berinteraksi dengan orang lain.

"Atur jarak paling tidak 2 meter karena droplet pada umumnya tidak lebih dari 2 meter bertebaran di udara, entah saat anda bersin, batuk atau berbicara,” tegas Whiko.

Tindakan lain yang juga tidak kalah pentingnya menurut Whiko adalah cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

Ini menjadi penting karena droplet yang bertebaran dari orang yang terinfeksi Covid-19 bisa mengenai benda-benda yang juga anda sentuh. Jadi, kurangi menyentuh wajah dan sering cuci tangan menjadi keharusan saat anda beraktivitas di luar rumah.

"Sabun merusak virus ini. Untuk itu kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir dapat menghindarkan kita dari infeksi virus ini,” jelasnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *