HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Jaga Debit Air, PDAM Tirtanadi Sumut Tanam Pohon di Daerah Resapan Air

Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Sumut Fauzan Nasution didampingi Ketua Forwadi Amrizal secara simbolis menanam pohon di lingkungan IPA Sibolangit. Foto (Redaksimedan)

Redaksimedan
 : PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara melakukan penanaman 300 bibit pohon di catchment area atau daerah resapan air untuk menjaga kelestarian air baku yang ada di IPA Sibolangit, Deliserdang.

Secara simbolis penanaman bibit pohon berupa pohon durian, pohon akasia dan pohon ketapang dilakukan Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Fauzan Nasution, Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, Silmi Waka Polsek Pancur Batu AKP P Panjaitan dan Ketua Forum Wartawan Tirtanadi [Forwadi], Amrizal SH, MH di IPA Sibolagit untuk selanjutnya akan ditanam di daerah resapan air, Rabu (12/8/2020).

Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Sumatera Utara Fauzan Nasution dalam kegiatan penanaman pohon sekaligus ramah tamah dengan Forwadi menyampaikan, kegiatan kita ini kegiatan setiap tahun rutin yang dilaksanakan untuk menjaga kelestarian air baku yang ada di Instalasi Pengolahan Air [IPA] Sibolangit.

"IPA Sibolangit adalah IPA yang pertama dimiliki PDAM Tirtanadi mulai tahun 1905 dengan kapasitas 600 liter per detik yang disuplai dari tiga desa yaitu Desa Sibolagit, Desa Laubeng Klewang dan Desa Sumbul," ujar Fauzan.

Menurut Fauzan, bisa kita bayangkan ketika sumber air yang ada dari Sibolangit ini menjadi berkurang debitnya, tentu akan berakibat berkurangnya pendistribusian air ke Kota Medan.

"Inilah yang tetap kita jaga agar catchment area debit air kontinuitas atau berkesinambungan 600 liter per detik," kata Fauzan.

Kalau suatu waktu debit air menurun dan berakibat ke Medan, ungkap Fauzan, ini tidak bisa dihindari, karena alamiah dimana berkurangnya curah hujan, sehingga berkurang debit air.

"Kalau sumber air berkurang, maka Kota Medan akan defisit air. PDAM akan tetap menjaga sumber air ini," ujarnya.

Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi, Silmi juga menyampaikan sangat menyambut baik kegiatan penanaman bibit pohon ini.

Pada kesempatan itu, Silmi juga mengungkapkan bahwa Dewan Pengawas sudah melakukan peninjauan ke sumber air di Rumah Sumbul, disana banyak sekali sumur-sumur resapan air yang dapat dikelola.

"Cobalah digali lagi sumur-sumur resapan air itu. Kami sudah berjalan sepanjang jalur transmisi itu," kata Silmi.

Ketua Forwadi, Amrizal SH, MH menyampaikan bahwa silaturahmi ini sangat baik antara wartawan dengan manajemen PDAM Tirtanadi Sumut

"Pererat hubungan silaturahmi ini, kami akan menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat" ujar Amrizal. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *