HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pjs Walikota Canangkan Program kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Medan tahun 2020

Pjs Walikota Medan Arief S Trinugroho memukul gong. Foto (Humas Pemko)


Redaksimedan : Keluarga merupakan lingkup terkecil dalam masyarakat yang memiliki peranan penting dalam melahirkan generasi yang berkualitas.

Untuk itu melalui program Keluarga Berencana [KB] yang dicanangkan hari ini tentunya dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa KB tidak hanya sebagai program pemerintah dalam pengendalian penduduk melainkan untuk menciptakan keluarga yang berkualitas baik dari berbagai sektor.

Hal ini diungkapkan Pjs Walikota Medan Arief Trinugroho saat mencanangkan program kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Medan tahun 2020 di Pendopo Rumah Dinas, Jalan Sudirman No 35 Medan, Kamis (26/11/2020).

Dikatakan Arief, kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan dilaksanakan secara terpadu oleh tim penggerak PKK kota Medan bekerjasama dengan OPD terkait lainnya diantaranya Dinas Pengendalian Penduduk dan KB serta Dinas Kesehatan Kota Medan yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan pelayanan merata khususnya dalam pelayanan KB.

"Kontribusi ini diwujudkan secara nyata terhadap cakupan pelayanan KB dan kesehatan yang dilakukan oleh kelompok dasawisma, posyandu, institusi masyarakat pedesaan/perkotaan [IMP], pusat kesehatan masyarakat [puskesmas]dan lainnya, terutama pelayanan pada daerah terpencil, daerah tertinggal, dan daerah perbatasan khususnya bagi masyarakat/keluarga miskin," ucap Arief.

Guna menyikapi tantangan baru dalam pengendalian penduduk, sambung  Arief, saat ini PKK telah menjadi agen pembangunan dan agen perubahan terdepan terutama dalam peningkatan kesejahteraan keluarga.

"Kiprah PKK di lingkungan masyarakat juga menjadi salah satu ikon civil society dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan menjadi lebih berdampak efektivitasnya dengan adanya kader PKK yang menjangkau sampai ke tingkat kelurahan," jelasnya.

Disampaikan Arief, kegiatan peningkatan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan merupakan bagian dari upaya dalam mengintensifikasi lintas sektor di bidang pemberdayaan keluarga, pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana dan kesehatan yang bertumbuh kepada kader-kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

"Karena itulah saya berharap kegiatan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang tertuang dalam 10 program pokok PKK," harapnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *