HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Gubernur Optimis Food Estate di Humbahas Bisa Jadi Contoh di Tempat Lain

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengikuti rapat secara virtual dari Rumah Dinas Gubernur Sumut. Foto (Diskominfo Sumut)


Redaksimedan
: Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi optimis program Food Estate di Kabupaten Humbang Hasundutan [Humbahas] Provinsi Sumatera Utara akan berhasil.

Keberhasilan ini, menurutnya akan menjadi contoh untuk pengembangan kawasan Food Estate lainnya baik di Sumut atau provinsi lain.

Progres pengembangan Food Estate yang paling terlihat pada saat ini adalah tanaman kentang. Setelah pada panen pertama bulan Maret memperoleh sekitar 15 ton per hektare, diperkirakan panen dari tanam kedua jauh lebih baik.

Dari sampel yang diambil, terdapat 15-20 umbi pada satu batang tanaman kentang.

"Ini masih tanam kedua dan hasilnya sangat menggembirakan, prediksinya akan lebih baik dari tanam pertama. Saya yakin ini akan berjalan dan menjadi role model untuk kawasan lainnya,” kata Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur Sumut usai rapat secara virtual bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Kamis (8/7/2021).

Pada saat ini pengembangan Food Estate masih fokus pada lahan seluas 215 Hektar. Tim Operasional Food Estate terus mencari formula yang tepat untuk pengembangan kawasan ini, bukan hanya terkait bahan pangan yang ditanam, tetapi juga masalah infrastruktur.

“Ini sekalanya besar, jadi harus benar-benar matang, bukan hanya masalah tanamannya tetapi juga infrastruktur seperti jalan, listrik, irigasi dan juga bentuk kerja sama dengan investor, petani dan lainnya. Ini semua harus matang sehingga bisa menjadi contoh untuk kawasan berikutnya,” terang Edy Rahmayadi. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *