HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

COS di Panel Pompa Distribusi FWP 505 IPAM Delitua Diganti

COS di Panel Pompa Distribusi FWP 505 IPAM Delitua. Foto (istimewa)

MEDAN : PDAM Tirtanadi Sumatera Utara melakukan pergantian Change Over Switch [COS] di panel pompa distribusi FWP 505 Instalasi Pengolahan Air Minum [IPAM] Delitua.

Pergantian COS tersebut, kata Kepala Sekretaris Perusahaan PDAM Tirtanadi Sumut, Jumirin, dalam rangka mengantisipasi terjadinya pemadaman aliran listrik dari PLN di IPAM Delitua.

"Change Over Switch [COS] atau tuas pengalih daya dari listrik PLN ke genset di panel pompa distribusi FWP 505 IPAM Delitua saat ini rusak dan harus di ganti," kata Jumirin di Medan, Selasa (19/3/2019).

Penggantian COS di panel pompa distribusi FWP 505 tersebut, menurut Jumirin, harus dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pendistribusian dari IPAM Delitua bila terjadi pemadaman listrik dari PLN di kawasan IPAM Delitua.

"Jika tuas atau COS di panel pompa distribusi tidak diganti, maka apabila terjadi pemadaman aliran listrik, pompa distribusi tidak bisa operasi, akibatnya pendistribusian air akan terganggu,” kata Jumirn.

Penggantian COS di panel pompa distribusi FWP 505 tersebut dilakukan pada hari Rabu 20 Maret 2019 mulai pukul 22.00 Wib dan diperkirakan selesai dan beroperasi normal pukul 01.00 Wib.

"Namun proses pemadatan air di pipa dan pemadatan tekanan air memerlukan waktu yang cukup lama dan diperkirakan pendistibusian air kepada pelanggan baru akan normal kembali pada Kamis siang," kata Jumirin.

Selama pelaksanaan pekerjaan, ungkap Jumirin, kapasitas produksi IPAM Delitua turun dari 1.600 liter/detik menjadi 1.100 liter/detik atau mengalami penurunan sekitar 500 liter/detik.

Akibatnya beberapa wilayah pelayanan PDAM Tirtanadi mengalami gangguan, baik dari segi kualitas, kuantitas dan kontinutas.

"Kapasitas produksi IPAM Delitua akan mengalami penurunan sekitar 500 liter/detik selama 3 jam. Mudah-mudahan dampaknya tidak terlalu mengganggu pelanggan kami,” ujar Jumirin.

Adapun beberapa wilayah yang mengalami dampak penurunan produksi air IPAM Delitua tersebut yakni Cabang Delitua meliputi kawasan Jalan Medan Delitua dari Pekan Delitua sampai Titi Kuning, Jalan Stasiun, Jalan Sari/Jalan Benteng, Jalan Marindal, Kompleks Perumahan Bumi Serdang Damai, Jalan Kedai Durian.

Kemudian Cabang Medan Amplas meliputi kawasan Jalan Brigjend Katamso, Jalan STM, Jalan Sakti Lubis, Jalan Garu I–II.

Cabang Medan Kota, sebut Jumirin, meliputi kawasan Jalan SM Raja, Jalan Air Bersih, Jalan Avros, Jalan Saudara, Jalan Pelangi, Jalan Sempurna, Jalan HM. Joni, Jalan Halat, Jalan Amaliun, Jalan Laksana, Jalan Ismailiyah.

Cabang Tuasan meliputi kawasan Jalan Pancing, Jalan Selamet Ketaren, Jalan Perjuangan, Jalan Keruntung, Jalan Letda. Sujono, Jalan RSU Haji.

Cabang HM Yamin meliputi kawasan Jalan Gurilla, Jalan Serdang, Jalan Pimpinan, Jalan Sentosa Baru.

Dan Cabang Medan Denai, kata Jumirin, meliputi kawasan Jalan Bakti, Jalan Pasar merah, Jalan Pelajar Timur, Perumnas Mandala, Jalan Mandala By Pass.

"Kami mohon maaf atas gangguan ini. Kepada pelanggan kami yang mengalami gangguan air dapat menyampaikan keluhannya ke cabang terdekat atau melalui layanan Halo Tirtanadi ke nomor 1500922," ujar Jumirin. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *