HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Hilirisasi Produk Sumut Berpeluang Besar Ditingkatkan

Diskusi Media Hilirisasi Produk Daerah dan Perdagangan Antar Daerah. Foto (istimewa)

MEDAN : Hilirisasi produk daerah Sumatera Utara telah berkembang dengan baik serta masih memiliki peluang besar untuk ditingkatkan. Hal tersebut disebabkan Sumatera Utara memiliki ketersediaan bahan baku untuk dilakukan penghiliran atau diproses menjadi bahan jadi.

“Sumatera Utara memiliki bahan atau sumber daya yang cukup besar potensinya, misalnya saja CPO Sumatera Utara yang memiliki banyak turunan produknya hingga 80 jenis, tapi belum dikembangkan di sini,” kata Sekdaprov Sumut Hj Sabrina saat menjadi narasumber pada acara diskusi media Hilirisasi Produk Daerah dan Perdagangan Antar Daerah di Sumatera Utara yang digelar oleh Forum Merdeka Barat 9, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Rabu (20/3/2019).

Menurut Hj Sabrina, hilirisasi membuat pergerakan ekonomi Sumut cukup baik. Produk hilir mendatangkan nilai tambah bagi perekonomian Sumut. Saat ini, sektor terbesar penggerak perekonomian di Sumut yakni pertanian, kehutanan, dan perikanan.

“Pertumbuhan ekonomi Sumut selalu di atas rata-rata nasional, dampak daripada bergeraknya industri pengolahan yang ada di Sumatera Utara,” kata Hj Sabrina.

Saat ini, ungkap Hj Sabrina, Sumatera Utara telah melakukan perdagangan antar daerah dengan mekanisme pasar yang berlaku. Sementara untuk perdagangan antar daerah yang dilakukan dengan kerjasama, saat ini Pemprov Sumut sedang menyusun MoU mengenai kerjasama perdagangan dengan Kepulauan Riau. Komoditas yang disasar berupa bahan pangan seperti sayuran dan lainnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *