HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Kehadiran Bank Sampah Bisa Mengubah Paradigma Masyarakat Terhadap Sampah

Ketua TP PKK Sumut, Nawal Edy Rahmayadi di acara peresmian Bank Sampah Nusa-3 Hijau. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan.com : Pemerintah Provinsi Sumut sangat mendukung seluruh upaya-upaya penanganan sampah yang dilakukan masyarakat, instansi dan berbagai pihak lainnya.

Apalagi dengan hadirnya Bank Sampah Nusa-3 Hijau yang baru saja diresmikan pada Selasa (20/8/2019) di Kantor Direksi PTPN III di Jalan Sei Batang Hari Medan Sunggal, diharapkan bisa mengubah paradigma masyarakat terhadap sampah.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga [TP-PKK] Provinsi Sumut, Nawal Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi dan mendukungnya.

"Bank Sampah adalah sistem pengelolaan sampah secara kolektif yang mendorong partisipasi masyarakat secara aktif. Berawal dari partisipasi aktif ini, semoga nantinya juga meningkat pada perubahan paradigma masyarakat mengenai sampah. Bahwasanya sampah, jika dikelola dengan baik, juga bisa menjadi produk bernilai ekonomis," kata Nawal pada acara peresmian tersebut.

Menurut Nawal, kehadiran Bank Sampah juga diharapkan hadir bersamaan dengan aktivitas edukasi kesadaran dan pelatihan keterampilan untuk mengelola sampah.

Sehingga, nantinya dapat menambah penghasilan bagi masyarakat dan membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Tanpa edukasi sia-sia usaha kita. Pengelolaan sampah harus dimulai sejak dari sumbernya, dari rumah-rumah kita. Para ibu, kita ajarkan anak-anak kita. Penerapan prinsip 4R yakni Reduce, Reuse, Recycle dan Replace kita terapkan di rumah masing-masing. Jika di rumah sudah tertib, mudah-mudahan kebiasaan tersebut akan dibawa saat ke luar rumah,” ucapnya.

Nawal juga memaparkan, terkait penanganan sampah, beberapa langkah sudah dilakukan Pemprov Sumut melalui Dinas Lingkungan Hidup, yakni membangun Pusat Daur Ulang [PDU] Sampah di Desa Ujung Bandar, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhan Batu. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *