HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Gubernur Sumut Ajak Semua Pihak Bersinergi Atasi Karhutla


Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat mengikuti kegiatan Rakornas Karhutla di Jakarta. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung setiap upaya pemerintah pusat dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan [karhutla] yang terjadi hampir sepanjang tahun.

Untuk itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengajak semua pihak yang terkait untuk bersinergi menanggulangi karhutla.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi usai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Kebakaran Hutan dan Lahan (Rakornas Karhutla), di Istana Negara Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Rakornas dibuka oleh Presiden Joko Widodo dihadiri Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Kepala BNPB Doni Monardo serta para kepala daerah dan berbagai pihak terkait lainnya.

Menurut Edy Rahmayadi, karhutla telah menimbulkan dampak yang luar biasa baik materi maupun moril. Masyarakat adalah yang paling merasakan dampak buruk karhutla.

Untuk itu, Edy Rahmayadi meminta setiap instansi mendukung penegakan hukum terhadap pelaku karhutla.

"Penegakan hukum terhadap pelaku, agar karhutla ini tidak terulang kembali. Kasihan masyarakat menderita menghirup asap,” ujar Edy.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga mengimbau agar setiap pihak hingga masyarakat dapat mencegah terjadinya karhutla, yakni dengan cara tidak membiarkan kebakaran meluas.

"Yang terpenting itu adalah pencegahan. Jika ada api kecil langsung dipadamkan. Kalau api masih kecil masih bisa dipadamkan. Kalau terlambat padam, bisa meluas dan itulah karhutla,” kata Gubernur Sumut Edy Rahmyadi. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *