HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Dua Rumah Sakit di Sumut Disiapkan sebagai Pusat Cadangan Evakuasi Pasien Suspect Covid-19

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau dua rumah sakit yang disiapkan sebagai pusat cadang evakuasi pasien suspect virus Korona [Covid-19]. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu]

Redaksimedan : Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi bergerak cepat dalam penanganan Covid-19 di wilayah Provinsi Sumatera Utara dengan meninjau dua rumah sakit yang disiapkan sebagai pusat cadangan evakuasi pasien suspect virus Korona [Covid-19].

Kedua rumah sakit yang ditinjau Gubernur Sumut Edy Rahmayadi pada Rabu (18/3/2020) adalah Rumah Sakit GL Tobing/Medical Tembakau Deli PTP Nusantara II Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang sebagai lokasi evakuasi utama dan Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Jalan Kapten Muslim Medan sebagai evakuasi cadangan dan pos penerimaan laporan masyarakat.

Kedatangan Edy Rahmayadi di RS GL Tobing disambut Dirut PTPN II, Iswan Achir, Kepala Rumah Sakit GL Tobing/Medical Tembakau Deli PTPN II, Novi Fitriani dan Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan beserta jajaran.

"Kita menyiapkan satu tempat evakuasi utama di rumah sakit ini. Jadi seluruhnya baik yang dalam pantauan atau sudah terjangkit kita siapkan di sini. Difokuskan di sini, sehingga seminimal mungkin penyebaran virus ini bisa ditekan," kata Edy Rahmayadi usai meninjau seluruh sarana dan prasarana di Rumah Sakit GL Tobing/Medical Tembakau Deli PTPN II.

Untuk pasien yang sedang dirawat di RS GL Tobing akan dipindahkan dan dilakukan pengosongan untuk mempersiapkan penanganan COVID-19. "Beberapa tim Satgas akan bertugas di sini. Segala kelengkapan akan dibantu dari rumah sakit lainnya baik berupa tempat tidur, tenda dan lainnya," jelas Edy.

Selanjutnya, Edy Rahmayadi melakukan peninjauan ke lokasi evakuasi cadangan dan pos penerimaan laporan masyarakat di Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Jalan Kapten Muslim Medan.

Bersama Ketua Satgas Covid-19, Riadil Akhir Lubis beserta anggota tim dan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, Edy Rahmayadi disambut pemilik RS Sari Mutiara Parlindungan Purba dan beberapa pihak rumah sakit swasta di Medan.

"Tempat evakuasi cadangan kita lakukan di sini. Rakyat yang merasa ada tanda-tanda Covid-19, melapor ke rumah sakit terdekat atau langsung ke RS Sari Mutiara. Nanti akan diperiksa dan disalurkan ke tempat evakuasi utama. Semua SDM bidang kesehatan sudah siap, mudah-mudahan rakyat kita bisa dicegah dari hal yang tidak diinginkan," tutur Edy.

Lebih lanjut, Edy Rahmayadi juga menyampaikan imbauan kepada seluruh rumah sakit agar tidak ada yang menolak masyarakat Sumut yang melapor.

Jika rumah sakit sudah tidak dapat menampung, kata Edy Rahmayadi, diminta untuk mengarahkan dan melaporkan ke lokasi evakuasi baik utama maupun cadangan. "Mulai hari ini evakuasi utama dan cadangan sudah dipersiapkan dan mulai bertugas," katanya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *