HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemko Medan Salurkan Bantuan Tahap II kepada Warga

Plt Walikota Medan Akhyar Nasution salurkan bantuan tahap II Pemko Medan. Foto (Humas Pemko Medan)

Redaksimedan : Sebanyak 300 ribu paket bantuan tahap II disalurkan Pemerintah Kota [Pemko] Medan kepada warga yang perekonomiannya terdampak virus Corona [Covid-19] di Kota Medan.

Paket bantuan tahap II itu disalurkan langsung oleh Plt Walikota Medan Akhyar Nasution kepada warga yang perekonomiannya terdampak Covid-19 di Komplek Pergudangan Perum Buloq di Jalan Jemadi Medan, Sabtu (16/5/2020).

Secara simbolis, Akhyar Nasution bersama Kajari Medan Dwi Setyo Budi Utomo dan perwakilan Kapolres Belawan dan Kodim 0201/BS menyerahkan paket bantuan tahap II berupa 20 kilogram beras dan 2 kilogram gula pasir kepada 10 warga yang perekonomianmya terdampak Covid-19.

Masing-masing paket berupa 20 kilogram beras dan 2 kilogram gula pasir, dimana setiap keluarga [rumah tangga] mendapatkan 1 paket.

Sebagai penyaluran tahap awal ini, ada 4 kecamatan yang menjadi prioritas utama yakni Kecamatan Medan Barat, Medan Timur, Medan Deli serta Medan Marelan.

Setelah itu menyusul kecamatan lainnya, sehingga penyaluran tuntas di 21 kecamatan yang ada di Kota Medan.

Diharapkan penyaluran berjalan lancar, sehingga mampu membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19.

Akhyar juga melepas truk yang membawa paket beras dan gula menuju 4 kecamatan tersebut untuk selanjutnya dibagikan kepada warga yang telah didata lurah dan kepala lingkungan.

Dikatakan Akhyar, sesungguhnya penyaluran  bantuan beras ini bukan yang utama dalam menyikapi pandemi Covid-19 di Kota Medan.

Yang paling utama, tegas Akhyar, bagaimana memutus rantai penyebaran virus yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya tersebut. Salah satu upaya memutusnya dengan menggunakan masker penutup mulut ketika melakukan aktifitas di luar rumah.

Akibat pandemic Covid-19, jelas Akhyar, berdampak dengan perekonomian sehingga mau tidak mau Pemko Medan harus melakukan realokasi dan recofusing anggaran.

Terkait dengan penyaluran bantuan tahap II dari Pemko Medan ini, Akhyar mengingatkan camat dan lurah melakukan pengawasan dengan ketat sehingga penyaluran tepat sasaran.

Apalagi diwaktu bersamaan, Kementrian Sosial juga menyalurkan bantuan terkait dampak Covid-19.

Akhyar meminta agar camat harus mengumumkan siapa warga yang telah menerima bantuan dari Kemensos maupun warga yang menerima bantuan dari Pemko Medan.

"Kepada seluruh camat, saya titip penyaluran bantuan tahap II ini dan ikuti protokol kesehatan ketika menyalurkannya. Kemudian amati guna mencegah terjadinya permasalahan dalam penyalurannya," ujar Akhyar.

Dikatakan Akhyar, penyaluran bantuan tahap II tidak dapat dilakukan serentak, bukan karena ketiadaan stok barang, melainkan akibat kemampuan suplai dari Bulog terbatas.

"Nanti ada jadwal-jadwal per-kelurahan untuk menyalurkan bantuan tahap kedua," kata Akhyar seraya menambahkan dipilihnya 4 kecamatan sebagai prioritas utama penyaluran bantuan tahap II karena ada kelurahan yang warganya belum mendapatkan bantuan pada saat bantuan tahap pertama disalurkan beberapa waktu lalu. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *