HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

MTQ ke-37 Sumut Berlangsung Lancar dengan Protokol Kesehatan Ketat

Penerapan protokol kesehatan di arena MTQ ke 37 Provinsi Sumatera Utara. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan : Tuan rumah dan seluruh panitia pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran [MTQ] ke 37 tingkat Provinsi Sumatera Utara yang digelar di Kota Tebing Tinggi dilaksanakan dengan melakukan upaya maksimal menegakkan protokol kesehatan secara ketat.

Sebab, disiplin protokol kesehatan menjadi pesan utama yang selalu ditekankan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menjelang pelaksanaan MTQ ke-37 Tingkat Provinsi Sumut di Kota Tebing Tinggi.

Terpantau di setiap lokasi venue lomba, tersedia tempat cuci tangan portabel dan sabun cair.

Selain itu, di pintu masuk setiap venue ada meja posko kesehatan lengkap dengan personel tim medis untuk berjaga mengawasi dan mengingatkan disiplin protokol kesehatan, serta siaga apabila ada keluhan kesehatan saat MTQ berlangsung.

Belum ditemukan laporan kasus atau masalah kesehatan yang berarti selama pelaksanaan MTQ yang berlangsung sejak tanggal 5 sampai 11 September 2020 tersebut.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tebing Tinggi, Nanang Fitra Aulia saat ditemui di Posko Kesehatan Lapangan Utama Astaka, Rabu (9/9/2020).

"Hari ini sudah masuk hari ke lima. Alhamdulillah tidak ada masalah kesehatan dan acara berjalan lancar," katanya.

Bentuk pengetatan sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, terang Nanang, adalah pelaksanaan rapid test bagi setiap kontingen di daerah masing-masing.

Kemudian saat registrasi ulang para peserta, termasuk dewan hakim diminta untuk menyertakan hasil uji rapid test atau swab.

"Dan ketika sudah sampai di sini, ada yang ingin rapid test lagi, kita fasilitasi di Posko Kesehatan. Sejauh ini, ada sekitar 1.500 yang sudah kita fasilitasi dan hasilnya non-reaktif. Tim medis di setiap venue juga selalu siaga lengkap dengan peralatan medis dan ketersediaan masker dan hand sanitizer untuk dibagi-bagi secara gratis," jelas Nanang.

Tak hanya di venue, penginapan kafilah dan dewan hakim juga selalu dilakukan pemantauan. Bersinergi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, tim medis yang dibawa oleh kafilah masing-masing kabupaten/kota dan panitia, dilakukan sistem ronda untuk berkeliling memantau kondisi penginapan.

"Termasuk saya sendiri atau petugas puskesmas kita, turun ke penginapan para kafilah dan venue untuk pengawasan dan koordinasi dengan petugas medis di lapangan. Bahkan setiap kafilah disediakan jurnal kesehatan yang kita cek harian," tutur Nanang. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *