HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Jika Tidak Terapkan Prokes, Sembuh Dari Covid-19 Masih Bisa Terpapar Kembali

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Medam, Mardohar Tambunan. Foto (ist)


Redaksimedan: Masih banyak masyarakat yang beranggapan jika seseorang yang sudah sembuh dari Covid-19 tidak akan terpapar lagi oleh virus tersebut.

Namun faktanya, kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan, anggapan tersebut adalah keliru, karena orang yang sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19 masih berpotensi untuk terkena kembali.

"Informasi yang menegaskan bahwa orang yang sudah pernah terpapar Covid-19, maka akan kebal terhadap Covid-19, itu adalah informasi yang salah," kata Mardohar saat menyampaikan konferensi pers di Posko GTPP Covid-19 Kota Medan di Jalan Rotan Medan, Selasa (10/11/2020).

Mardohar mengungkapkan, orang yang sudah pernah terpapar Covid-19 masih bisa terpapar kembali dengan Covid-19 sepanjang yang bersangkutan tidak menerapkan protokol kesehatan [prokes], yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Sepanjang yang bersangkutan menerapkan protokol kesehatan, maka potensi untuk terpapar Covid-19 ini akan sangat kecil terjadi," jelas Mardohar.

"Tapi kita jangan sampai lengah, sebab Covid-19 ini datangnya tidak terduga dan kita tidak bisa mendeteksi orang yang terpapar Covid-19 atau Orang Tanpa Gejala [OTG]," ujarnya.

Pemko Medan, ungkap Mardohar, terus meningkatkan strategi pemutusan rantai penyebaran virus, salah satunya dengan meningkatkan testing, tracing dan isolasi melalui puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Medan.

"Karena ketiga hal itu adalah langkah penting untuk menanggulangi virus ini. 41 puskesmas kita juga terus melakukan edukasi sosial, baik digolongan organisasi, pendidikan, para pelaku usaha dan kalangan lainnya," kata Mardohar. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *