HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Dikegiatan Reses, Angota DPRD Sumut Azmi Yuli Paparkan Program Pemprov Sumut

Anggota DPRD Sumut Azmi Yuli Sitorus sedang memaparkan program Pemprovsu saat kegiatan reses di Kelurahan Tualang. Foto (ist)


Redaksimedan
: Anggota DPRD Sumut H Azmi Yuli Sitorus memaparkan sejumlah program Pemerintah Provinsi Sumatera Utara [Pemprov Sumut] yang bersumber dari APBD Sumatera Utara.

Program tersebut dipaparkan Azmi Yuli saat melakukan kegiatan reses terakhirnya pada Masa Persidangan II Tahun 2020/2021 di Lingkungan VI, Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sabtu (10/7/2021).

Pada reses yang dilaksanakan di Daerah Pemilihan IV meliputi Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi ini, Azmi Yuli menyampaikan, dipilihnya Kelurahan Tualang juga merupakan daerah yang memiliki lahan pertanian sekitaran 100 hektar lebih.

Sebab, ungkap politisi Partai Gerindra Sumut ini, pada tahun 2022, lahan pertanian menjadi fokus aspirasi yang menjadi prioritas program yang akan diperjuangkan.

Ada enam kecamatan yang memiliki areal pertaniannya cukup luas, sebut Azmi Yuli, diantaranya Kecamatan Bandar Khalipah, Teluk Mengkudu, Sei Rampah, Perbaungan, Pantai Cermin, dan Pegajahan.

"Program bantuan pertanian itu ada bantuan bibit, seperti bibit padi, jagung, gandum, bawang, cabe plus pupuknya, dan prioritas utamanya jalan usaha tani. Harapannya serapan anggaran aspirasi saya dari Rp5 miliar untuk jalan usaha tani di Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2022 dapat terealisasi", terangnya.

Kemudian program bantuan sosial untuk rumah ibadah seperti masjid, musholla, gereja, rumah sekolah, kata Azmi Yuli, dimana untuk bantuan sosial yang disampaikan melalui aspirasi saya pada Desember 2020 telah direalisasikan Pemprov Sumut sekitar Rp1 miliar lebih.

Program bantuan lainnya seperti program bantuan untuk rumah tidak layak huni, sebut dia, di tahun 2021 ini ada 50 unit rumah di Kecamatan Tanjung Beringin.

Pada tahun 2022 kedepan, papar Azmi, diprioritaskan bantuan untuk 100 unit rumah tidak layak huni di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Pegajahan, Perbaungan dan Pantai Cermin.

"Target saya tahun 2022 ada sebanyak 100 unit rumah dan kuotanya ini harus terpenuhi yang menjadi usulan aspirasi saya," ungkapnya.

Selanjutnya, ada program bantuan asuransi BPI bagi masyarakat kurang mampu. Asuransi BPI ini seperti BPJS, kata Azmi Yuli, dimana besarannya per bulan Rp42.500 selama setahun Rp500 ribu.

Pemprov Sumut, ungkap Azmi Yuli, telah menganggarkan lebih dari Rp1 milyar untuk wilayah kerja saya di Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi.

"Keseluruhan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan asuransi BPI dapat berkoordinasi dengan Tim Azmi Yuli Sitorus [AYS] Center," ujarnya.

Program lainnya, sebut dia, program bantuan bagi kelompok-kelompok perwiritan seperti gendang nasyid atau rebana beserta baju seragamnya. Bagi para remaja juga ada bantuan olahraga berupa bantuan peralatan bola volley, net, dan seragam kaosnya.

"Hadirnya saya di tengah-tengah masyarakat ini sebagai bentuk komitmen politik saya, dimana masyarakat telah memberikan suaranya kepada saya untuk duduk menjadi Anggota DPRD Sumut pada pemilihan legislatif tahun 2019 lalu. Ibarat pepatah, kacang tidak lupa kulitnya," kata Azmi Yuli.

Ketua Gapoktan Tani Makmur, Kelurahan Tualang, Amanah menyebutkan, petani selalu dihadapkan dengan harga padi yang murah dan persoalan pupuk.

Narasumber dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut diwakili Kasubag Program Perencanaan, Fahri SP menyebutkan untuk ketersediaan pupuk subsidi sudah dikurangi dari pemerintah pusat.

Karenanya pemerintah mendorong menuju pertanian organik. Untuk itu kelompok tani bisa mengusulkan Rumah Kompos dan UFO, dan jalan usaha tani untuk segera diusulkan.

"Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut program kerjanya yang bersentuhan langsung dengan petani termasuk didalamnya alat-alat pertanian, infrastruktur irigasi dan jalan usaha tani, pengolahan rumah kompos, bibit seperti bibit padi, jagung, gandum, bawang, cabe," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan reses tersebut diantaranya dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut diwakili Kasubag Program Perencanaan Fahri SP, Korda Sergai-Tebing Tinggi DPD Partai Gerindra Sumut Mulyadi, LPM Kelurahan Tualang Sutikno, Tim AYS Center kabupaten dan Tim AYS Kecamatan Perbaungan. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *