HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Wakil Gubernur Sumut Rencanakan Paviliun dan Suasana PRSU Bisa Dihidupkan Setiap Hari

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah. Foto (Diskominfo Sumut)


Redaksimedan
: Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah mengunjungi beberapa lokasi terkait sarana dan prasarana pendukung pengembangan Usaha Kecil dan Menengah [UKM] Dinas Koperasi dan UKM.

Kehadirannya mendorong agar keberadaan Pekan Raya Sumatera Utara [PRSU] bisa dihidupkan setiap hari sepanjang tahun.

Hal itu disampaikan Musa Rajekshah saat mengunjungi Balai Latihan Koperasi [Balatkop] serta UPT Pusat Layanan Usaha Terpadu [PLUT] di lokasi PRSU, Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (5/7/2021).

Turut hadir diantaranya mantan Sekdaprov Sumut R Sabrina, para pelaku usaha, mewakili Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat [LPER] Medan, serta didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Suherman bersama jajaran.

Pada kunjungan itu, Musa Rajekshah melihat beberapa hal penting yang bisa dilakukan untuk memajukan perekonomian masyarakat melalui pengembangan UKM.

Di gedung bagian depan PRSU sebagai PLUT Dinas Koperasi dan UKM Sumut tersebut, terdapat berbagai stan berisi produk kerajinan yang dipamerkan sekaligus dijual. Selain itu, di lantai 2 terdapat aula yang sebagian digunakan sebagai tempat konsultasi oleh dinas tersebut, untuk pelaku usaha.

"Gedung ini sudah baik, dihadirkan produk-produk dari Sumut, berupa kerajinan. Secara tampilan, bagus, tetapi kurang banyak [jumlah dan jenis]. Jadi kalau sudah banyak, ini bisa jadi tempat pemasaran. Jadi kita mau pemerintah, melalui Dinas Koperasi dan UKM membantu pemasaran dari UKM dan pengrajin,” ujarnya.

Begitu juga keberadaan PRSU yang terdiri dari 33 stan atau paviliun masing-masing kabupaten/kota, masih dimanfaatkan atau dibuka saat momentum Pekan Raya selama satu bulan.

Sedangkan 11 bulan lagi, kata Musa Rajekshah, hampir tidak digunakan sama sekali. Sehingga menurut dia, keberadaanya bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan UKM di setiap paviliun yang ada.

“Kita lihat seperti keberadaan paviliun yang ada di dalam ini, kita mau setiap hari dibuka. Jadi kabupaten/kota bisa menampilkan produk UKM dan kerajinan dari daerah masing-masing di sana, dengan kita kerjasama. Dengan begitu, tamu-tamu dari luar provinsi maupun luar negeri, bisa melihat berbagai macam produk dari 33 daerah di Sumut,” jelas Musa Rajekshah.

Begitu juga dengan program digitalisasi untuk hal pemasaran produk UKM, Musa Rajekshah menekankan kepada Dinas Koperasi dan UKM Sumut agar bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, seperti pembinaan kepada pelaku usaha.

Sebab dalam era modernisasi sekarang, paparnya, terutama masa pandemi Covid-19, cara tersebut telah menjadi pilihan utama masyarakat untuk produk tertentu. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *