HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

PDAM Tirtanadi Sumut Luncurkan Aplikasi Whistleblowing System

Pj Sekdaprovsu Afifi Lubis (tengah) saat menghadiri peluncuran aplikasi whistleblowing system PDAM Tirtanadi Sumut. Foto (ist)


Redaksimedan
: Penjabat Sekretaris Daerah [Pj Sekda] Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Afifi Lubis menyambut baik peluncuran aplikasi Whistleblowing System PDAM Tirtanadi Sumut.

Aplikasi ini bertujuan untuk penyampaian pengaduan dugaan tindak pidana tertentu, baik yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi.

"Kami menilai ini merupakan langkah maju untuk perubahan yang baik, dan Dewan Pengawas telah menyetujui pelaksanaan whistelblowing ini," kata Afifi Lubis yang juga Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Sumut saat menyampaikan sambutan di hadapan Direksi PDAM Tirtanadi, Kepala Divisi, Kepala Bidang serta yang lainnya, di Aula PDAM Tirtanadi Sumut, Rabu (29/9/2021).

Disampaikan Afifi, whistelblowing adalah orang yang melaporkan adanya informasi penyimpangan, seperti suap, pungli, penyalahgunaan wewenang dan lainnya.

Menurut Afifi, ibarat seorang wasit dalam suatu pertandingan, maka ketika ditiup pluit berarti ada pelanggaran yang dilakukan.

Dijelaskannya, program whistelblowing system PDAM Tirtanadi perlu penyempurnaan dan informasi yang masuk perlu pencernaan yang tepat, sehingga dapat diketahui informasi yang perlu ditindaklanjuti atau yang tidak perlu ditindaklanjuti.

Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sumut, Kabir Bedi mengatakan, saat ini sudah dilaksanakan tiga program KPK, yaitu penerapan praktek tata kelola pemerintahan yang baik di Tirtanadi yaitu program whistelblowing system yang hari ini aplikasinya diluncurkan, selanjutnya program agen pembangunan integritas dan sudah lulus empat orang, kemudian sistem manajemen anti penyuapan [smap].

"Whistelblowing system ini dapat diakses melalui website www.pdamtirtanadi.co.id," kata Kabir Bedi.

Dikatakan Kabir Bedi, hal ini dilakukan merupakan wujud nyata dalam pemberantasan korupsi di Tirtanadi sehingga seluruh pegawai akan bekerja sesuai ketentuan yang berlaku.

Dalam kesempatan launching tersebut dilaksanakan secara langsung mempraktekkan penggunaan whistelblowing system oleh personil divisi Sistem Informasi Manajemen [SIM] PDAM Tirtanadi.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Sumut Afifi Lubis, Anggota Dewan Pengawas PDAM Tirtanadi Sumut Silmi, Kepala Biro Perekonomian Pemprovsu Naslindo, Direktur Utama PDAM Tirtanadi Sumut Kabir Bedi, Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi Sumut Fauzan Nasution.

Kemudian hadir juga Plt Kepala Satuan Pengawas Internal [SPI] PDAM Tirtanadi Sumut Humarkar Ritonga, Kadiv Sistem Manajemen Halimatusakdiyah serta yang lainnya. (Rel/RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *