HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Walikota Medan Dorong Penggunaan Teknologi Digital dalam Sistem Pembayaran

Walikota Medan Bobby Nasution. Foto (Diskominfo Medan)


Redaksimedan
: Pemerintah Kota [Pemko] Medan berkomitmen dan terus berupaya agar perekonomian Kota Medan dapat bergerak meski di tengah pandemi Covid-19.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu tidak terlepas dari pemanfaatan sistem digitalisasi dalam beberapa sistem pembayaran pelayanan Kota Medan.

Oleh karenanya, penggunaan teknologi akan terus didorong dan dipacu.

Demikian disampaikan Walikota Medan Bobby Nasution saat hadir dalam acara Pilot Project Pasar Sehat, Inovatif dan Aman Pakai [SIAP] Quick Response Code Indonesia Standart [QRIS] Kota Medan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Jalan Balai Kota Medan, Jumat (18/3/2022).

Acara yang digelar Bank Indonesia tersebut juga turut dirangkai dengan penyerahan program sosial BI.

"Dalam pelaksanaannya, Kota Medan telah banyak menggunakan cara pembayaran non tunai. Ini kita lakukan agar pergerakan ekonomi Kota Medan tetap dapat berjalan dan bergerak cepat," kata Bobby Nasution.

Pergerakan ekonomi Kota Medan itu, sebut Bobby Nasution, ditunjukkan dengan capaian PAD Kota Medan di tahun 2021 melebihi tahun 2019.

Padahal saat itu, kata Bobby, juga sudah pandemi Covid-19. Untuk itulah, penggunaan teknologi digital akan semakin diluaskan, tidak hanya di sektor pemerintahan tapi juga masyarakat.

"Bukan hanya pergerakan keuangan di pemerintahan, tetapi kegiatan ataupun teknologi digital khususnya cashless ini kami harapkan juga bisa ditularkan dan bisa digunakan oleh masyarakat Kota Medan yang lebih luas lagi," ujarnya. 

Walikota Medan Bobby Nasution mengingatkan kepada aparatur agar menginformasikan kepada masyarakat yang lebih luas khususnya pedagang pasar dan pelaku UMKM terkait penggunaan digitalisasi.

"Ada sisi lain yang bisa dilihat dari penggunaan cashless ini. Sisi lainnya adalah kita memiliki asisten pribadi. Khusus dari sisi pencatatan keuangan ataupun pembukuan," katanya.

Sisi lain yang mungkin bisa diambil dan dipromosikan selain bagaimana mengutamakan kemudahan dan kecepatan menggunakan cashless, sambung Bobby, adalah mengajak beralih ke sistem pembukuan yang otomatis dengan menggunakan cashless.

"Dan ini juga memudahkan mereka dalam melakukan fasilitas keuangan dari perbankan," pungkasnya. (RMC)

 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *