HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Aplikasi Siak Andaliman Diluncurkan

Pertemuan Peningkatan Jejaring Kemitraan Pemanduan. Foto (ist)

MEDAN : Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Hj Sabrina meluncurkan Sistem Aplikasi Andalan Lima Tahunan (Siak Andaliman).

Program Siak Andaliman itu diluncurkan sebagai alat monitoring pelaksanaan dan implementasi Grand Desain Pembangunan Kependudukan di Sumatera Utara.

Demikian dikatakan Sekda Provinsi Sumut, Hj Sabrina saat membuka kegiatan Pertemuan Peningkatan Jejaring Kemitraan Pemanduan dan Sinkronisasi Kebijakan Pengendalian Penduduk Melalui Penyediaan dan Implementasi Grand Desain Pembangunan Kependudukan di Medan, Selasa (6/11/2018).

Menurut Hj Sabrina, program ini sebagai suatu rumusan untuk mengukur apakah satu daerah mendapatkan bonus demografi dengan usia produktif penduduk sebesar 70 persen.

Disampaikan Sabrina, Grand Desain Pembangunan Kependudukan (GPDK) adalah suatu rumusan perencanaan pembangunan kependudukan daerah untuk jangka waktu 25 tahun ke depan.

Grand desain tersebut berisi tentang parameter pembangunan kependudukan, isu-isu penting pembangunan kependudukan dan program pembangunan kependudukan yang dapat memprediksi suatu daerah mendapatkan bonus demografinya.

"GDPK diperlukan karena tiga hal, pertama sebagai arah kebijakan pelaksanaan pembangunan kependudukan. Kedua, pelaksanaan pembangunan kependudukan menjadi lebih terukur oleh karena tersusunnya road map parameter dan ketiga sebagai alat sinergitas dan konektivitas antara pemerintah pusat dan daerah menjadi utama dalam pelaksanaan pembangunan berwawasan kependudukan," ujar Sabrina.

Sehingga dalam keberlanjutannya, ungkap Sabrina, perlu ada evaluasi dan monitoring. Jadi bukan sekadar membuat kebijakan tetapi tidak pernah dicek.

"Saya sangat mengharapkan pertemuan ini mampu membangun komitmen untuk mendukung penyediaan dan implementasi GDPK di Sumut, serta pengunaan Siak Andaliman sebagai sarana monitoring dan evaluasi," kata Sabrina. (RM)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *