HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Reformasi Birokrasi Langkah Terencana Mengembangkan Kinerja Pemerintah

Pembukaan Rakorwil Forum Sekda Seluruh Indonesia. Foto (ist)

MEDAN : Reformasi birokrasi merupakan langkah terencana yang dilakukan pemerintah mengembangkan kinerja birokrasi pemerintah untuk lebih baik.

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Hj Sabrina pada acara Pembukaan Rapat Komisariat Wilayah Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Rakorwil Forsesdasi) Provinsi Sumatera Utara di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Selasa (13/11/2018).

Sabrina menjelaskan bahwa reformasi birokrasi pada tatanan struktural dilakukan melalui penataan kembali organisasi pemerintah agar lebih tanggap terhadap tuntutan kepentingan masyarakat.

Sementara reformasi birokrasi pada tataran kultural dilakukan melalui pengembangan profesionalitas dan penguatan etos kerja aparatur pemerintah.

"Titik berat dari pemerintahan yang baik adalah pada upaya peningkatan kualitas pelayanan publik dan pemberantasan korupsi secara terarah, sistematis dan terpadu," ujar Sabrina.

Salah satu langkah percepatan dalam mewujudkan amanah reformasi yang telah berjalan, kata Sabrina, nantinya akan bermuara pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan daya saing antar daerah.

Pelayanan merupakan tugas utama yang hakiki dari sosok aparatur sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Menurut Sabrina, pemimpin birokrasi tertinggi daerah adalah kunci suksesnya implementasi reformasi birokrasi.

Untuk itu, menurut Sekda Provinsi Sumut Hj Sabrina, perlu adanya Forum Sekretaris Daerah sebagai motor penggerak peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah.

"Pelayanan yang berkualitas sangat tergantung pada berbagai aspek, salah satunya pola penyelenggaraan (tata laksana) dukungan sumber daya manusia dan kelembagaan," ujar Sabrina.

Disampaikan Sabrina, banyak sektor yang harus dibenahi dalam reformasi birokrasi antara lain penguatan akuntabilitas kinerja, penataan kelembagaan dan ketatalaksanaan, pengembangan, E-Government dan penataan manajemen SDM aparatur.

“Untuk itu peran Sekda semakin strategis agar reformasi birokrasi dapat berjalan sebagaimana mestinya," kata Sabrina. (RM)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *