HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Peringati Hari Ginjal Sedunia, RS USU Edukasi Masyarakat


dr Riri Mengedukasi Masyarakat Tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan Ginjal. Foto (istimewa)

MEDAN : Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting dan harus dijaga.

Hal ini disampaikan Kepala Unit Hemodialisa Rumah Sakit USU dr. Riri Andri Muzasti M.Ked-(PD), SPPD. KGH pada kegiatan ceramah awam yang digelar Unit Hemodialisis Rumah Sakit USU, Kamis (14/3/2019).

Memperingati Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada 14 April 2019 Unit Hemodialisis Rumah Sakit USU menggelar ceramah awam untuk mengedukasi masyarakat dan penderita gagal ginjal pentingnya menjaga kesehatan ginjal.

Kepala Unit Hemodialisa RS USU, dr. Riri Andri Muzasti M.Ked- (PD), SPPD. KGH dalam presentasinya mengatakan, ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting dan harus dijaga.

Fungsi ginjal menyaring dan mengeluarkan sisa racun yang ada di dalam tubuh melalui air seni, mengatur keseimbangan air dan elektrolit dan juga asam basa di dalam tubuh serta menghasilkan hormon yang berfungsi membentuk sel darah merah, memproduksi vitamin D dan mengatur tekanan darah.

Direktur Utama Rumah Sakit USU diwakili dr Riyadh Ikhsan dalam sambutannya menyampaikan, dalam tahun ini pihaknya akan menambah unit mesin cuci darah, saat ini tersedia 20 mesin cuci darah dan rencananya menambah unit hemodialisis khusus anak serta unit isolasi bagi penderita gagal ginjal .

Selain itu, Unit Hemodialisis Rumah Sakit USU juga akan dijadikan sebagai salah satu pusat pelatihan hemodialisa di Sumatera Utara dan Aceh, sehingga dibutuhkan mesin hemodalisis yang lebih banyak dengan berbagai macam merek, sehingga para staf dalam mengikuti pelatihan sudah terbiasa menggunakan mesin cuci darah dari berbagai merek yang dilengkapi fasilitasnya.

Kegiatan Hari Ginjal Sedunia Tahun 2019 di Rumah Sakit USU diwarnai dengan testimoni dari salah seorang penderita penyakit gagal ginjal yang membagikan pengalaman yang sangat berharga dalam menjalani pengobatan gagal ginjal di rumah sakit, sehingga mendorong dan memotivasi penderita ginjal dan keluarga untuk tetap semangat dalam menjalani pengobatan.

Hadir dalam kesempatan itu Direktur Utama Dr dr Syah Mirsya Warli, Sp.U (K) diwakili Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan, dr Riyadh Ikhsan, M.Ked (DV), Sp.KK, dan Direktur Diklat, Penelitian dan Kerjasama dr Sake Juli Martina, Sp.FK serta seratusan undangan masyarakat awam. (RMC/Rel)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *