HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Menhub: Pembangunan Bandara YIA Selesai Februari Tahun Depan

Menhub Budi K. Sumadi meninjau progres pembangunan Bandara YIA, di Kulon Progo, Yogyakarta, Minggu (25/8/2019) siang. (Foto: Humas Kemenhub/Setkab.go.id)

Redaksimedan.com : Pemerintah menargetkan pembangunan ke Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport [YIA] akan selesai pada bulan Februari atau Maret 2020.

Sementara pembangunan jalur kereta api ke bandara tersebut diharapkan dapat diselesaikan pada akhir tahun 2020.

“Progressnya cukup bagus. Kalau saya perkirakan sudah hampir 60–70 persen. Kalau dari apa yang saya lihat kira-kira selesai Februari atau Maret 2020. Kita operasikan setelah itu,” kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi usai melakukan kunjungan kerja di Bandara YIA, Kulon Progo, Provinsi DIY, Minggu (25/8/2019) seperti diinformasikan dari laman resmi Setkab.

Menurut Menteri Perhubungan [Menhub], Budi Karya, saat ini sudah ada sebanyak 14 kali take off-landing di Bandara YIA.

Menhub  mengharapkan pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2020, sebanyak 66 flight dengan rute luar Jawa dari Bandara Adisucipto akan dipindah ke Bandara YIA.

“Harapannya kita terus memfluktuasi maskapai untuk memindahkan flight mereka yang ke luar Jawa, seperti ke Sumatera, Kalimantan, dan sebagainya. Kalau pindah semua itu kira-kira ada 66 flight bisa pindah ke YIA. Itu yang menjadi patokan supaya moda transportasi KA nya perlu dimaksimalkan,” tandas Menhub.

Selesai Akhir 2020

Mengenai pembangunan jalur kereta api ke Bandara YIA, Menhub Budi K. Sumadi mengemukakan, pemerintah akan mengintensifkan angkutan kereta api agar aksesibilitas bertambah dan lebih mudah, dengan headway yang lebih pendek, sehingga ada suatu kepastian bagi penumpang untuk mencapai Yogya.

Ia meyebutkan, pembangunan jalur kereta api ke Bandara YIA akan difinalkan ke Stasiun Kedundang kira-kira pada akhir 2020.

"Rencana pembangunan jalur kereta api menuju YIA dilakukan pada bulan Oktober 2018. Untuk tahap awal, jalur kereta api akan dibangun di daerah Stasiun Kedundang dan di sekitar area Bandara YIA,” ungkapnya.


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *