HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Gubernur Sumut Terus Dorong Pemanfaatan Inovasi Baru Dibidang Pertanian


Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meresmikan Mini Lab MA-11 di Kecamatan Beringin, Deliserdang. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaptovsu)

Redaksimedan.com : Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengapresiasi dan terus mendorong pemanfaatan inovasi baru dalam bidang pertanian.

Dengan harapan, petani dapat memproduksi pupuk organik sendiri dan membuat hasil produksi pertanian semakin melimpah.

Sehingga, tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Sumut, tetapi juga bisa dijual ke luar Sumut.

Demikian disampaikan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat meresmikan Laboratorium Mini [Mini Lab] MA-11, di Desa Sidodadi, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Senin (30/9/2019).

Sebagaimana diketahui, Kelompok Tani Juli, Desa Sidodadi, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, berhasil menerapkan inovasi baru dalam pembuatan pupuk organik.

Yakni dengan memanfaatkan Mikrobakteri Alfalfa [MA-11], merupakan organisme yang dapat mengubah limbah pertanian organik, menjadi pupuk kompos hanya dalam waktu 24 jam.

"Namun, saya mau ini dikontrol, kalau pasokan untuk kita belum cukup, jangan sampai malah dijual ke luar. Kebutuhan pangan kita dulu dipenuhi," kata Edy Rahmayadi.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, didampingi Wakil Bupati Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Wiwiek Sisto Widayat, dan Ketua Kelompok Tani Juli, Yareli.

Khusus untuk komoditi cabai, kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, agar senantiasa diperhatikan. Hal ini karena cabai sering menjadi salah satu komoditi yang mempengaruhi inflasi.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi penyediaan Mini Lab MA-11 yang diinisiasi oleh Bank Indonesia-Sumut.

Edy Rahmayadi menyampaikan keinginannya untuk memperbanyak mini laboratorium tersebut di sentra-sentra produksi pertanian baik di Karo, Batubara, Humbahas, dan lainnya.

"Karena ini sangat sejalan dengan visi saya membangun desa, menata kota. Saya sangat mengapresiasi segala usaha yang memajukan para petani kita. Tanpa petani, kita bukan apa-apa. Mereka mogok tanam, tak bisa kita makan," ujar Edy Rahmayadi. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *