HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Pemprov Sumut Canangkan Gerakan 1 Juta Biopori

Pencanangan gerakan satu juta biopori. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)


Redaksimedan : Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Sumut mencanangkan gerakan Satu Juta Biopori, pencanangan penanaman vetiver [tanaman pencegah longsor] dan penataan model tanaman penghijauan.

Kegiatan tersebut dihadiri Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Markas BPBD Sumut Jalan Medan-Binjai, Jumat (17/1/2020).

"Pencanangan Satu Juta Biopori ini tentunya membantu menyerap dan menyimpan air di dalam tanah. Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah banjir di masa depan. Dengan demikian, cita-cita kita mewujudkan Medan Bebas Banjir pada Tahun 2022 bisa terwujud,” ujar Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Langkah pencanangan Satu Juta Biopori dan penanaman vetiver diapresiasi Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi. Apalagi, sepanjang tahun 2019 lalu, bencana yang terjadi di wilayah Provinsi Sumut sebanyak 80 persen merupakan bencana hidrometeorologi seperti banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor. Jadi, pencanangan ini dipandang sangat relevan dan dibutuhkan.

"Untuk itu, saya imbau kepada seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota khususnya Medan dan sekitarnya agar turut menyukseskan gerakan satu juta biopori. Dimulai dari rumah-rumah. Begitu pula dengan membudidayakan tanaman vetiver khususnya daerah-daerah rawan longsor, karena tanaman ini memang juga sudah diimbau oleh Presiden Jokowi untuk dibudidayakan,” jelas Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi kembali mengingatkan untuk menjaga kebersihan, dimulai dengan bertanggung jawab terhadap sampah masing-masing. Misalnya, sampah rumah tangga agar dikelola dengan benar dimulai dari rumah. Menerapkan prinsip 3R yakni reuse, reduce, recycle.

Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis menjelaskan bahwa pencanangan Satu Juta Biopori dan penanaman vetiver merupakan langkah untuk mewujudkan Medan Bebas Banjir 2022 dan penanggulangan banjir Sumut secara umum.

"Biopori ini merupakan lubang resapan berupa pipa yang dibuat tegak lurus ke dalam tanah. Pipa dengan diameter 10-30 cm ini ditanam dengan kedalaman 100-120 cm dan dapat menyimpan air sebanyak tiga meter kubik per biopori. Jadi, kalau sejuta biopori menyimpan tiga juta meter kubik. Untuk vetiver, ialah rumput konservasi lahan mampu menyimpan air dan mengikat tanah,” tutur Riadil. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *