HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Akhyar Serahkan Kartu Identitas Anak di Medan Labuhan


Plt Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution secara simbolis menyerahkan Kartu Identitas Anak [KIA]. Foto (Humas Pemko Medan)

Redaksimedan : Sebanyak 150 keping Kartu Identitas Anak [KIA] diserahkan Plt Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution kepada murid-murid sekolah dasar Yayasan Washliyani yang berada di Jalan Pancing V Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (12/2/2020).

Pemberian KIA yang diperuntukkan bagi anak usia 0-17 tahun ini, bertujuan menstimulus warga di Kecamatan Medan Labuhan termasuk Kelurahan Besar untuk aktif mengurus dokumen administrasi kependudukan keluarganya khususnya KIA.

Apalagi KIA tersebut menjadi bukti identitas anak sebelum nantinya memiliki KTP saat usia 17 tahun ke atas.

Disampaikan Plt Walikota Medan Akhyar Nasution, pentingnya KIA bagi para anak, sebab KIA telah memiliki Nomor Induk Kependudukan [NIK[ yang berarti telah terdaftar sebagai Warga Negara Indonesia.

Dengan begitu, dapat digunakan untuk memperoleh berbagai layanan dan fasilitas yang telah disediakan oleh negara.

"Sebagai orang tua, kita memiliki tanggungjawab memenuhi hak anak, termasuk mengurus KIA mereka. Maka dari itu, kami menghimbau para orang tua agar jangan lalai dan abai. Segera urus KIA dan dokumen kependudukan lainnya melalui kantor kecamatan," kata Akhyar.

Diungkapkan Akhyar, saat ini di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tercatat ada 60.000 daftar pencetakan KTP. Namun hal itu masih terhambat karena ketersediaan blanko yang terbatas.

Sebab, Kementerian Dalam Negeri [Kemendagri] hanya mendistribusikan 10.000 blanko dalam setiap pendistribusian.

"Kapasitas pencetakan KTP perharinya mencapai 1.000 keping. Sementara, permintaan telah mencapai 60.000. Maka dari itu, setiap rentang 10 hari, kita harus menjemput blanko ke Kemendagri," ujar Akhyar.

Menurut Akhyar, ini harus kita pahami bersama, artinya bukan diperlama atau diperlambat pencetakan KTP, tapi memang ketersediaan blanko yang tidak setara dengan permintaan pencetakan KTP, kami mohon untuk dimaklumi.

Akhyar juga minta dukungan dari seluruh pihak untuk mensukseskan program pembangunan yang dilakukan Pemko Medan, khususnya di kecamatan yang masuk dalam kawasan Medan Utara tersebut.

Sebagai salah bukti, ungkap Akhyar, Pemko Medan telah membersihkan Danau Martubung untuk mengembalikan fungsi hidrologisnya.

"Kita telah membersihkan Danau Martubung dari tumpukkan enceng gondok agar fungsi hidrologisnya untuk menampung air di kawasan sekitar dapat kembali berjalan. Setelah itu, akan kita kembangkan menjadi kawasan wisata Kota Medan, khususnya bagi warga di Kecamatan Medan Labuhan. Untuk itu,kami berharap dukungan dari warga agar semua program dapat terealisasi dan pembangunan kota dapat dirasakan secara adil dan merata," jelasnya. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *