HEADLINE NEWS

Diberdayakan oleh Blogger.

Medan Siapkan Tempat Pemakaman Khusus Kasus Covid-19

Kadis Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi saat memberikan keterangan terkait kondisi wabah Covid-19, di Media Center Kantor Gubernur Sumut. Foto (Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

Redaksimedan :  Pemerintah Kota Medan telah menyiapkan lahan pemakaman khusus bagi korban meninggal akibat virus corona [Covid-19].

Lahan ini disiapkan sebagai upaya alternatif mengantisipasi hambatan yang belakangan ini terjadi berupa penolakan warga terhadap jenazah positif Covid-19.

"Pemko Medan sudah menyiapkan tempat pemakaman khusus jenazah yang meninggal positif corona. Hal ini kita siapkan karena selama ini ada hambatan seperti penolakan warga. Makanya kita siapkan tempat penguburan khusus, tim penanganan yang khusus serta alat penguburan yang khusus,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan, Edwin Effendi di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Selasa (31/3/2020).

Melalui upaya tersebut, kata Edwin, tentunya proses penguburan jenazah positif Covid-19 tidak akan menjadi masalah di lingkungan masyarakat.

"Untuk penguburan korban yang meninggal kita sudah lakukan terlebih dahulu pengamanan dari rumah sakit. Jenazah sudah dibungkus plastik kedap dan peti yang dikunci sehingga tidak akan menularkan lagi,” katanya.

Untuk itu, kata Edwin, masyarakat diimbau agar tidak lagi cemas dan ragu. Namun, hal penting yang harus dijaga proses penguburannya harus cepat sebelum 4 jam. Apalagi dengan tim pengubur yang betul bisa bekerja maksimal tentunya proses penguburan tidak akan lagi dapat menularkan.

Terkait lokasi lahan penguburan yang telah disiapkan tersebut, Edwin belum menyebutkannya secara rinci. “Kalau lokasinya nantilah kita informasikan. Yang pasti sudah kita siapkan,” ujar Edwin. (RMC)

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *